Contoh Soal UKOM Keperawatan Tahun 2019 Edisi Ke 195

10/30/2018 07:14:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi (UKOM) Perawat bagian ke 195 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Hai semuanya, semangat pagii..
Kali ini kami akan memberikan sebuah contoh soal Uji Kompetensi Keperawatan Kepada teman-teman para pejuang UKOM yang ingin lulus UKOM. Disini kami hanya sebuah sebagian kecil wadah penyedia layanan belajar contoh soal-soal UKOM Gratis untuk teman-teman, mengingat saya juga dulu sama seperti teman-teman berjuang betapa susahnya kuliah 3 atau 5 tahun dan nasib untuk menjadi seorang perawat ditentukan hanya dalam 1 hari disebuah Ruangan CBT.

Terutama dan paling utama bagi kami yaitu terus memberikan upaya tenaga dan pemikiran untuk teman-teman semua agar kiranya apa yang telah kami berikan contoh soal-soal UKOM Keperawatan ini bisa sedikit membantu teman-teman dan meringankan beban ekonomi teman-teman yang berada dalam kesulitan untuk terus belajar.

Panjang lebar saya bicara tadi, langsung saja kita pelajar contoh soal-soal Uji Kompetensi Keperawatan dibawah ini 


Contoh Soal UKOM Keperawatan Tahun 2019 Edisi Ke 195
Soal Uji Kompetensi Perawat

Dibawah ini terdapat 7 buah contoh soal latihan UKOM beserta kunci jawaban lengkap disertai dengan rasional pembahasannya.


1. Bayi laki-laki baru saja lahir spontan satu jam yang lalu, dengan gerakan aktif, BB = 2475 gram, PB = 48 cm, RR = 40 x/menit. Sang ibu melahirkan bayi laki-laki tersebut dengan usia 36 minggu. Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa tidak ditemukan kelainan.
Apakah tindakan keperawatan yang dapat kita lakukan selanjutnya ?

a. Dimandikan
b. Pemberian oksigen
c. Pemberian antibiotik
d. Dirawat dalam inkubator
e. Rawat gabung dengan ibunya

Kunci Jawaban : E. Rawat gabung dengan ibunya

Pembahasan : 
Kontak awal sedini mungkin antara ibu dan bayi baru lahir penting dalam membentuk  hubungan atau ikatan dimasa depan selain itu
memiliki efek positif dan memberikan keuntungan fisiologis.

Rujukan :
  • Lowdermilk, D.L., Perry, S.E., Cashion, K. Alih Bahasa: Felicia & Anesia (2013).Keperawatan Maternitas Buku I. Ed 8. (Bab 17). Jakarta: Salemba Medika.



2. Seorang bayi laki yang berusia 6 bulan dirawat di sebuah Rumah Sakit di hari pertama, untuk mengatasi cemas akibat dampak hospitalisasi pada anak, Seorang perawat yang kebawa Baper terhadap kondisi bay tersebut mendapatkan ide untuk memberikan sebuah mainan kepada bayi tersebut
Apakah jenis permainan yang tepat untuk bayi  tersebut ?

a. Kotak mainan berwarna warni
b. Balon karet  besar ber warna warni
c. Boneka beruang dengan mata kacing
d. Mobil-mobilan dengan remote control
e. Truk kayu yang bisa  didorong dan ditarik

Kunci Jawaban : A. Kotak mainan berwarna warni

Pembahasan : 
Kotak mainan warna warni memfasilitasi perkembangan motorik halus pada bayi usia 4-6 bulan . balon karet gas merupakan kontraindikasi diberikan kepada bayi karena berbahaya dapat mengaspirasi balon tersebut. Mata  boneka beruang terbuat dari kacing , jika terlepas dapat teraspirasi sehingga mainan ini juga tidak aman bagi bayi. Bayi usia 5 bulan terlalu kecil untuk mendapatkan mainan mobil mobilan dengan remote control dan truk kayu yang ditarik

Rujukan  : 
  • Mary E Muscari (2005). Panduan Belajar : Keperawatan Pediatrik, Jakarta : EGC 



3. Seorang perempuan berusia 50  tahun, yang sudah berkepala 2, dinyatakan mengidap kanker serviks setelah hasil pemeriksaan PAP smear positif. Saat ini pasien dalam keadaan berkabung dan sedih karena dalam keluarga tidak ada yang terkena kanker. Ia mengatakan sudah tidak ada harapan lagi untuk dirinya membahagiakan suami tercinta.
Apakah penyebab terjadinya kanker serviks pada perempuan ?

a. Virus HPV
b. Banyak pasangan
c. Menikah di usia dini
d. Personal hygiene buruk
e. Pakaian dalam yang lembab

Kunci Jawaban : A. Virus HPV

Pembahasan :
Virus HPV merupakan penyebab utama kanker serviks pada perempuan terutama HPV tipe 16 dan 18.

Rujukan :
  • Rasjidi, I. (2008). Manual Pra kanker Serviks. Edisi pertama. Jakarta: Sagung Seto 



4. Seorang anak laki-laki yang berusia 5 tahun, dibawa ke posyandu oleh ibunya untuk berobat sekaligus ingin melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak tersebut. Ibu sangat khawatir terhadap anaknya karena menurut hasil pengamatannya anaknya tersebut tambah kurus.
Bagaimanakah rumus perkiraan BB untuk anak tersebut ?

a. (n + 9) / 2
b. 2n + 8
c. 8 n + 2
d. 3 X 5 – 7
e. 3 X BB lahir

Kunci Jawaban : B. 2n + 8

Pembahasan :
Rumus perkiraan Berat badan ( Kg )
Berat badan bayi baru lahir : 2,5 Kg – 3,5 Kg
Berat badan < 1 tahun  : (Usia ( bulan ) + 9) / 2
Berat badan 1 tahun   : 3 X BB lahir
Berat badan 2-6 tahun  : 2n + 8
Berat  badan 6-12 tahun:  (n x 7 – 5) / 2

Rujukan  : 
  • Kholid Rosyidi (2013). Prosedur Praktek Keperawatan, Jilid 1, Jakarta : TIM  



5. Seorang perempuan yang berusia 51 tahun, dengan riwayat G7 P5 A2  datang ke poli Ginekologi karena mengeluh perdarahan. Menurut klien padahal menurut klien sudah menopause 6 tahun yang lalu. Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan daerah perut nyeri dan terasa membesar, pernah mengeluarkan darah setelah berhubungan, keputihan berbau sudah satu tahun terakhir, mempunyai riwayat menggunakan kontrasepsi oral sekitar 20 tahun, orang tua meninggal 2 tahun yang lalu karena kanker serviks.
Apakah pemeriksaan diagnostik yang tepat untuk mengetahui kondisi diatas ?

a. Biopsi
b. Kolposkopi
c. Pemeriksaan PAP smear
d. Pemeriksaan rontgen paru
e. Pemeriksaan laboratorium khususnya darah lengkap

Kunci Jawaban : C. Pemeriksaan PAP smear

Pembahasan :
Pemeriksaan PAP smear sangat dianjurkan bagi perempuan yang telah secara aktif melakukan hubungan seksual, yang merupakan tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel serviks dan vagina.

Rujukan :
  • Rasjidi, I. (2008). Manual Prakanker Serviks. Edisi pertama. Jakarta: Sagung Seto 



6. Seorang bayi laki-laki yang berusia 1 bulan, datang ke Puskesmas untuk dilakukan imunisasi. Hasil pemeriksaan bayi dalam kondisi sehat untuk mendapatkan imunisasi BCG sesui tahap usia. Perawat yang baru diterima kerja 1 jam yang lalu dan langsung bertugas segera menyiapkan vaksin yang dibutuhkan untuk bayi tersebut.
Berapakah dosis yang akan diberikan pada pemberian imunisasi diatas ?

a. 1 cc
b. 0,1 cc
c. 0,5 cc
d. 0,05 cc
e. 0,01 cc

Kunci Jawaban  : D . 0,05 cc

Pembahasan  : 
Frekuensi pemberian imunisasi BCG 1 kali dan waktu pemberian pada umur 0-11 bulan dengan cara pemberian Intra Cutan dengan dosis 0,05 ml untuk bayi dan 0,1 cc pada usia anak yang sebaiknya diberikan pada deltoid kanan .

Rujukan : 
  • Azis Alimut (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Jakarta : Salemba Medika 
  • Vivian Nanny (2010). Asuhan Neonatus, bayi dan anak balita, Jakarta : Salemba Medika 



7. Seorang anak perempuan yang berusia 6 tahun dirawat hari ke 5 karena mengalami DBD, berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir anak sudah diperbolehkan besok. Untuk mengatasi rasa bosan anak selama dirawat, seorang perawat yang Cantik, manis, anggun, rupawan, dermawan, suka menolong, tidak suka menyakiti, rela berkorban tanpa pamrih, jomblo, memiliki rasa empati yang tinggi sedang berencana memberikan program bermain terhadap anak berusia 6 tahun tersebut.
Apakah jenis permainan yang tepat untuk anak tersebut ?

a. bola bekel
b. kuda-kudaan
c. boneka panda
d. alat masak-masakan
e. pensil dan buku gambar

Kunci Jawaban  : E. pensil dan buku gambar

Pembahasan : 
Pensil dan buku gambar yang diberikan ke pada anak dapat memfasiliatsi perkembangan motorik halus bagi anak usia pra sekolah. Sedangkan mainan alat masak-masakan, dan kuda-kudaan harus dipersiapkan tempat khusus agar anak dapat menggunakan permainan tersebut , sedangkan bola bekel dapat dimainkan pada anak usia sekolah dengan kemampuan motorik halus yang lebih baik lagi.

Rujukan  : 
  • Mary E Muscari (2005). Panduan Belajar : Keperawatan Pediatrik, Jakarta : EGC 


Sumber : Perawat Kita Satu dan Pedoman UKOM Indonesia

Baca Juga :

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Contoh Soal UKOM Keperawatan Tahun 2019 Edisi Ke 195 ini, semoga apa yang telah kami berikan kepada teman-teman semua ini bermanfaat dan kami doakan untuk teman-teman lulus UKOM semua dengan belajar terus disini, Aamiin. Sekian dari kami terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar