Kumpualn Uji Kompetensi (UKOM) Perawat terbaru tahun 2019 Edisi 35

12/25/2017 05:12:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 35 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya

soal uji kompetensi perawat dan kunci jawabannya, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap
soal uji kompetensi perawat

Soal Uji Kompetensi Perawat

terdapat 5 buah soal UKOM beserta kunci jawaban dan pembahasannya


1. Phenytoin (dilantin) 100 mg peroral 3x sehari telah diresepkan untuk klien dengan kejang. Perawat memberikan penjelasan tentang pengobatan klien. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang menunjukkan bahwa klien sudah memahami intruksi?
A. “saya akan menggunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikat gigi saya”
B. “Tidak mengapa membuka kapsul untuk memudahkan menelan”
C. “jika  saya lupa minum obat, saya dapat menunggu sampai waktu minum obat berikutnya dan mengabaikan dosis tersebut”
D. “tenggorokan saya menjadi luka, efek yang normal dari pengobatan dan ada yang perlu dicemaskan”
E. “Saya akan tetap minum obat jika saya lupa”
Jawaban : A
Rasional: Phenytoin (Dilantin) merupakan antikonvulsan. Hiperplasia pada gusi, perdarahan dan pembengkakan dan rasa tenderness pada gusi dapat terjadi akibat penggunaan obat ini. Klien perlu diajarkan tentang higiene oral, massage gusi dan perlunya kontrol ke dokter gigi secara teratur. Klien tidak boleh melewatkan satu dosis obat karena dapat memicu kejang. Kapsul tidak boleh dikunyah atau dirusak, harus ditelan. Klien harus diajarkan untuk melapor bila mengeluh nyeri tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar atau reaksi kulit karena mengindikasikan keracunan darah.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, pemahaman terhadap intruksi perawat
Abaikan pilihan C karena klien harus didorong untuk minum obat tepat waktu. Abaikan pilihan D karena klien perlu melaporkan gejala-gejala kepada tim medis. Berdasarkan pilihan jawaban yang ada, ingat kembali bahwa kapsul tidak boleh rusak sebelum diminum, akan mengarahkan anda pada pilihan A.
Review: Penjelasan klien yang mendapat Phenytoin (Dilantin)
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Prosedur
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Evaluasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Keseimbangan cairan
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar pustaka: Hodgson, Kizior (2015), p. 960


2. Klien telah mendapat pengobatan INH selama 2 bulan. Klien mengeluh kepada perawat tentang kesemutan, parastesia dan kesemutan pada ekstremitas. Masalah apa yang dapat disimpulkan oleh perawat?
A. Hiperkalsemia
B. Neuritis perifer
C. Spame pembuluh darah kecil
D. Gangguan sirkulasi perifer
E. Insomnia
Rasional: Efek samping yang bisa terjadi pada pemebrian INH adalah neuritis perifer. Ditandai dengan adanya kesemutan, baal, parastesia pada ekstremitas. Efek ssamping ini dapat dikurangi dengan pemebrian vitamin B6. Pilihan A, C, D, dan E adalah salah.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, berkaitan dengan INH. Pilihan C dan D tidak menyebabkan gejala yang ada, namun dapat menimbulkan pucat dan akral dingin. Berdasarkan pilihan yang tersisa, anda harus mengetahui bahwa neuritis perifer merupakan efek sampingpengobatan atau data pada pertanyaan yang berhubungan dengan hiperkalsemia.
Review: Efek samping pemberian INH
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajiani
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pernapasan
Daftar pustaka: Hodgson, Kizior (2015), p. 645-646


3. Perawat sedang merawat klien dengan gastritis kronik. Perawat mengantisipasi bahwa klien beresiko untuk mengalami defisiensi?
A. Vitamin A
B. Vitamin C
C. Vitamin E
D. Vitamin B12
E. Vitamin B6
Jawaban : D
Rasional: Kerusakan dan atrofi lambung menyebabkan hilangnya fungsi sel parietal. Saat sekresi asam lambung turun, faktor intrinsik hilang mengakibatkan ketiakmampuan mengabsorbsi vitamin B12. Hal ini akan menyebakan terjadinya anemia pernisioasa. Pilihan A, B, C, dan E salah.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, Defisiensi vitamin karena gastritis kronik. Pengetahuan mengenai patofisiologi yang berkaitan dengan lapisan lambung yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ini,
Review: Defisiensi vitamin B12 dan kaitannya dengan gangguan lambung
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajiani
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Nutrisi
Sistem Tubuh: Pencernaan dan hepatobilier
Daftar pustaka: Cooper, Gospel (2015), p. 1417-1418, 1500


4. Seorang perawat merencanakan perawatan klien penderita stroke untuk satu shift. Klien manakah yang dapat dipercayakan kepada tenaga pembantu perawat?
A. Klien yang membutuhkan perawatan luka dua kali sehari
B. Klien yang membutuhkan bantuan berpindah menggunkakan walker (alat bantu jalan)
C. Klien yang menjalani program dan membutuhkan suposutoria rektal dan enema harian
D. Klien dengan DM yang membutuhkan terapi insulin dosis satu kali sehari dan pemantauan diet harian
E. Klien yang mengalami nyeri kepala
Jawaban : B
Rasional: Pelimpahan tugas perlu memperhatikan deskripsi kompetensi tenaga pembantu perawat (TPP), dan regulasi hukum setempat. Pilihan A, C, dan D membutuhkan keahlian setidaknya perawat diploma. Meskipun TPP dapat uga dilatih memberikan enema (bergantung pada regulasi setempat) pemberian suposutorian rektal semestinya dilakukan oleh perawat. Pilihan B adalah tugas yang tepatuntuk dilimpahkan kepada TPP.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek perencanaan penugasan, dan memperhatikan tugas-tugas yang dapat dilimpahkan kepada TPP. Hilangkan pilihan A, C, dan D karena klien-klien ini membutuhkan perawatan yang diberikan oleh perawat yang kompeten. Seorang perawat TPP terlatih untuk mebantu mobilisasi klien dengan walker
Review: Prinsip-prinsip pelimpahan tugas dan penyusunan rencana asuhan keperawatan
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Prencanaan
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar pustaka: Cooper, Gospel (2015), p. 613-614


5. Seorang perawat sedang membuat perencanaan keperawatan pada klien dengan perilaku kekerasan yang dirawat di RS dan beresiko dapat membahayakan orang lain. Manakah perencanaan kperawatan yang harus dihindari oleh perawat?
A. Menghadapi klien ketika memberikan perawatan
B. Pastikan petugas keamanan berada di sekitar area klien
C. Pastikan pintu ruangan klien dalam keadaan terbuka ketika sedang bersama klien
D. Tempatkan posisi ruangan klien berada di ujung lorong untuk mencegah gangguan dari klien yang lain.
Jawaban : D
Rasional: Ruangan klien harus ditempatkan dekat ruangan perawat dan tidak diletakan di ujung lorong yang relatif tidak terpantau ruangannya. Perawat tidak boleh mengisolasikan klien karena berpotensi dapat membahayakan dirinya sendiri. Pintu ruangan klien biarkan tetap terbuka dan perawat sebaiknya tidak lengah terhadap klien. Petugas keamanan seharusnya dipanggil segera jika ada kemungkinan terjadinya PK.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek yaitu intervensi yang harus dihindari. Hal ini mengindikasikan perlunya memilih intervensi yang tidak tepat. Pikirkan bahwa keamanan adalah subjeknya akan mengarahkan anda pada pilihan yang tepat.
Review: Pedoman perawatn pada klien dengan PK
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Jiwa
Proses Keperawatan: Perencanaan
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: kesehatan mental
Daftar pustaka: Varcarolis  (2013), p. 469





Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar