Contoh Soal UKOM Ners 2023 / 2024 Terbaru dan Jawaban Edisi 244

Contoh Soal UKOM Ners 2023 / 2024 Terbaru dan Jawaban Edisi 244


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 244 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Contoh Soal UKOM Ners 2023 / 2024 Terbaru dan Jawaban Edisi 244
Contoh Soal UKOM Ners 2023 / 2024 Terbaru dan Jawaban Edisi 244


Selamat siang teman-teman kumpulanukom.blogspot.com semuanya, kembali menyajikan latihan soal-soal Uji Kompetensi untuk teman-teman semuanya yang disertai kunci jawaban dan pembahasan. selamat belajar


1. Suatu hari seorang ibu datang membawa anaknya yang berumur 3 bulan dengan kondisi ubun-ubun cekung, turgor rendah. Tiga hari sebelumnya setiap diberi ASI selalu muntah dan diare. Tindakan apa yang harus segera dilakukan kepada anak tersebut ?

a. Memberi garam oralit 
b. Memberikan antibiotika peroral 
c. Mengganti cairan yang hilang 
d. Mengganti susu ASI dengan susu rendah laktosa 
e. Menghentikan pemberian ASI

Jawaban : c. Mengganti cairan yang hilang 



2. Ketika melakukan pengkajian pos partum pada seorang klien, perawat menemukan adanya bekuan darah pada lokia. Perawat memeriksa bekuan darah tersebut dan menemukan bahwa bekau tersebut lebih besar dari 1 cm. Apa tindakan keperawatan yang paling tepat? 

A. Mendokumentasikan hasil temuan 
B. Melakukan pengkajian ulang dalam 2 jam 
C. Memberritahukna pada petugas kesehatan 
D. Meminta klien untuk menambah asupan oral 
E. Meminta klien untuk istrahat

Jawaban : C. Memberritahukna pada petugas kesehatan 
Rasional: Suatu keadaan normal, bekuan beberapa darah ditemukan pada likia hari ke 1 samapai ke 2 setelah melahirkan akibat akimulasi darah dari vagina. Bekuan darah yang lebih besardari 1 cm dapat dianggap hal yang tidak normal. Penyebab bekuan ini, antara lain atonia uterus atau jaringan plasenta yang tertinggal menghasilkan lebih banyak kehilangan darah. Meskipun penemuan ini akan dimasukkan ke dalam dokumentasi, tindakan yang paling tepat adalh memberitahukan pada petugas kesehatan. Melakukan pengkajian ulang pada klien dalam dua jam akan menunda penatalaksanaan yang dibutuhkan. Meningkatan asupan cairan oral tidak akan membantu dalam situasi ini. 
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci, yang “paling tepat.” Fokus pada kata-kata lebih besar dari 1 cm. Pikirkan arti penting bekuan lokia pada periode post partum untuk dapat menjawab dengan benar. 



3. Perawat melihat kien dengan skizofrenia dan sedang menerima obat antipsikosis, menggerakan mulutnya, menjulurkan lidahnya, dan meringis saat melihat televisi. Perawat menentukan bahwa klien mengalami komplikasi pengobatan yang mana? 

A. Parkinson 
B. Dykinesia tardiv 
C. Krisis hipertensi 
D. Sindrom Neuroleptic malignant 
E. Kekakuan dan jalan seret

Jawaban : B. Dykinesia tardiv 
Rasional: Dyskinesia tardiv adalah reaksi dari pengobatan antipsikosis . Karateristiknya adalah gerakan tubuh dan ektremitas terutama lidah secara involunter tidak terkontrol. Karateristik parkinson seperti tremor, wajah seperti topeng kekakuan, dan berjalan dengandiseret. Krisis hipertensi dapat terjadi karena gangguan monoamine oxidase inhibitors dan ditandai dengan hipertensi, nyeri kepala bagian belakang menjalar ke depan, kaku kuduk dan nyeri, mual, muntah. Sidrom Neuroleptic malignant merupakan sindrom yang dapat berakibat fatal yang dapat muncul setiap saat selama terapi neuroleptic (antipsikosis) ditandai dengan sesak, takikardi atau nadi ireguler, demam, perubahan tekanan darah, peningkatan berkeringat, kehilangan kontrol kandung kemih, dan kekakuan otot tulang. 
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek pertanyaan, komplikasi dari pengobatan antipsikosis. Untuk mengarahkan anda pada jawaban yang benar, ingat bahwa dykinesia tardiv ditandai dengan gerakan involunter tubuh dan ektremitas yang tidak terkontrol, terutama pada bagian lidah. 



4. Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 2 tahun ke puskesmas dengan keluhan selama 2 hari.Disekujur tubuhnya keluar bercak-bercak merah dengan mata berair. Secara sepintas penyakit tersebut dapat dicegah dengan imunisasi agar gejala klinisnya tidak serius pada saat bayi sampai 12 bulan dengan cara: 

a. Imunisasi Hepatitis B 
b. Imunisasi Campak 
c. Imunisasi DPT 
d. Imunisasi BCG 
e. Imunisasi Polio 

Jawaban : b. Imunisasi Campak



5. Bayi N 3 hari dirawat didalam inkubator disuatu rumah sakit dengan hiperbilirumenia, BB 2200 gr, jaundice pada kulit dan sklera, reflek hisap lemah, suhu 370C, Nadi 120 x/mnt, RR 45x/mnt. Masalah keperawatan utama yang muncul adalah ?

a. Resiko tinggi injury
b. Resiko defisit volume cairan
c. Resiko tinggi gangguan integritas kulit
d. Ketidakefektifan pola napas
e.resiko nutrisi tidak adekuat

Jawaban : d. Ketidakefektifan pola napas




Demikianlah artikel dari kumpulanukom.blogspot.com dengan judul Contoh Soal UKOM Ners 2023 / 2024 Terbaru dan Jawaban Edisi 244. Terimakasih atas kunjungan dan telah belajar disini, terus tingkatkan belajar dan latihan soal dari blog kita ini ya teman-teman. Sampai jumpa lagi. 

0 komentar