Contoh Soal UKOM Manajemen Keperawatan dan Kunci Jawaban Edisi 186

10/02/2018 08:26:00 AM

Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) Manajemen Keperawatan dan Kunci Jawaban Edisi 186


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) Manajemen bagian ke 186 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya

Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) Manajemen Keperawatan dan Kunci Jawaban Edisi 186

Halo teman-teman, apa kabar kalian, bagaimana hasil Tryout Nasionalnya, apakah memuaskan atau masih belum. Baik teman-teman yang belum memuaskan hasilnya, saya harap agar teman-teman meingkatkan lagi frekuensi untuk belajar contoh soal-soal UKOM keperawatan disini, di blog kami ini, karena kami akan selalu berusaha untuk update demi teman-teman semua, dan bagi teman-teman yang sudah cukup puas dengan hasil Tryout nya, agar jangan lengah dan teteap semangat belajar contoh soal Uji Kompetensi Perawat disini yaa


Ketika operan pagi kepala ruangan yang memimpin mendengarkan keluhan dari keluarga pasien, dua perawat tidak masuk dan izin karena urusan tugas lain, lampu kamar mandi pasien mati, kipas angin di ruangan perawat rusak, kamar mandi perawat sedang rusak sehingga perawat harus menggunakan kamar mandi di ruangan bangsal lain atau di ruangan pasien. Setelah selesai memberi pengarahan, kepala ruangan berkata ”Tetap  ciayoo yaa teman-teman dalam melakukan pelayanan ke pasien dan keluarga, Ciayoo”
Pertanyaan soal:
Apakah fungsi kepemimpinan yang di tampilkan kepala ruangan tersebut?

Pilihan jawaban:
A. mempengaruhi orang lain
B. sebagai motivator
C. sebagai pembuat keputusan
D. sebagai komunikator
E. sebagai model

Kunci Jawaban: B. sebagai motivator
Rasional:
Rasional A : berfungsi untuk merubah persepsi dan pendapat. Dalam kasus tidak ada persepsi yang disampaikan negatif
Rasional B : untuk memberikan semangat atau support kepada staf. Ini yang diperlukan dalam situasi diluar kebiasaan
Rasional C : untuk mengarah atau menentu-kan kegiatan atau penyelesaian suatu masalah. Tidak ada arahan atau putusan yang disam-paikan
Rasional D : peran perawat memberikan in-formasi kepada pasien
Rasional E : memberikan contoh atau tauladan melalui perilakunya se-hari-hari
Referensi
Gillies. (2004). Nursing Management: A System Aprosch, Philadelphia: WB Saunders Company,
Potter and Perry. (2010). Fundamental of Nursing, Jakarta: EGC



2. Seorang Ners Perempuan senior dinas malam yang berpengalaman selama 15 tahun dengan wajah sangar sebagai  penanggung jawab shiff memasuki kamar 5, 6, 7, 8 dan 9 untuk mengecek apakah semua intervensi asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat pelaksana yang baru diterima kerja dirumah sakit berjalan dengan baik. Dilanjutkan dengan menemui perawat penanggung jawab kamar yang terlihat mata sembab dan tegang olehnya dan mengecek stock alat yang digunakan.
Pertanyaan soal:
Apakah fungsi manajemen yang dilakukan ners penanggungjawab shiff tersebut?

Pilihan jawaban:
A. planning
B. organizing
C. coordinting
D. directing
E. controlling

Kunci Jawaban: E. controlling
Rasional:
Rasional A : mengkoordinasikan sumber alat dan bahan untuk mencapai tujuan
Rasional B : melakukan perencanaan un-tuk kegiatan yang akan diren-canakan
Rasional C : menyelaraskan berbagai kegia-tan yang agar tujuan dapat tercapai dengan efektif dan efisien
Rasional D : mengarahkan staf untuk melakukan kegiatan yang ses-uai SOP
Rasional E : memastikan seluruh kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik sesuai tujuan
Referensi
Nursalam. (2012). Kepemimpinan Dan Manajemen. Jakarta; EGC
Potter and Perry. (2010). Fundamental Of Nursing, Jakarta: EGC



3. Seorang kepala regu dituntut untuk dapat multitasking aktifitas asuhan dan manajemen diruangan. Setelah memberikan pengarahan asuhan jam 08.00 terhadap anggota keperawatan, dilanjutkan rapat pengembangan dengan kepala ruangan jam 09.30. Setelah itu pukul 12.00 harus mengawasi pelaksanaan asuhan klien oleh perawat pelaksana dan jam 13.35 harus mengecek pendokumentasian asuhan keperawatan yang dilakukan anggotanya.
Pertanyaan soal:
Apakah kemampuan yang paling penting harus dimiliki untuk menjalankan kegiatan tersebut?

Pilihan jawaban:
A. pengetahuan yang luas
B. pengelolaan waktu yang efektif
C. perencanaan kegiatan yang matang
D. ketrampilan manajemen klinis
E. manajemen stress

Kunci Jawaban: B. pengelolaan waktu yang efektif
Rasional:
Rasional A : pengetahuan yang luas perlu pengelolaan waktu yang tepat. Tidak sesuai dengan fokus per-tanyaan yang mencantumkan-padatnya jadwal kegiatan
Rasional B : perencanaan waktu sebagai sumber daya utuk bekerja perlu dilakukan dengan efektif se-bagai fungsi pengorganisasian. Sesuai dengan penjelasan jam kegiatan kegiatan
Rasional C : perencanaan kegiatan yang matang meliputi pengelolaan waktu yang efektif dan efisien
Rasional D : keterampilan manajemen klinis akan efektif jika pengelolaan waktunya baik
Rasional E : tidak ada penjelasan dalam ka-sus tentang perlunya manaje-men stress yang dialami oleh perawat
Referensi
Gillies. (2004). Nursing Management: A System Aprosch, Philadelphia: WB Saunders Company,
Nursalam. (2012). Kepemimpinan dan Ma-najemen. Jakarta; EGC



4. Seorang ners senior dan terlihat gagah berani serta jantan sebagai penanggung jawab shiff sore, Perawat senior tersebut sedang membagi tugas ke perawat pelaksana untuk merawat pasien. Agar distribusi tanggung jawabnya merata ia membagi berdasarkan pasien total care, partial care dan minimal care.
Pertanyaan soal:
Model asuhan keperawatan apakah yang diterap-kan?

Pilihan jawaban:
A. model Fungsional
B. model PKP
C. model Moduler
D. model Tim
E. model MPKP transisional

Kunci Jawaban : C. model Moduler
Rasional:
Rasional A : perawat pelaksana di bagi se-suai dengan fungsinya masing masing untuk melakukan inter-vensi
Rasional B : perawat primer dan perawat as-sociate dipersyaratkan minimal Ners
Rasional C : terdapat perawat penanggungjawab shiff, dan perawat pelak-sana yang akan merawat pasien 3 sd 5 pasien yang menetap sampai pasien pulang
Rasional D : ada perawat primer sebagai penanggung jawab tim yang membawahi 2 sd 3 orang per-awat pelaksana
Rasional E : perawat primer dipersyaratkan Ners dan perawat pelaksananya perpaduan antar ners dan per-awat vokasi
Referensi :
Sitorus, R. (2007). Model Praktik Keper-awatan Profesional; Jakarta: EGC



5. Dua orang perawat pelaksana berdebat mengenai disiplin kerja mengenai indikator disiplin yaitu datang on time berdasar jadwal. Perawat pertama berpendapat bahwa lebih baik datang 20 menit sebelum jam kerja adalah wajib dan keharusan, karena banyaknya tugas perawat yang akan disiapkan. Sementara itu perawat kedua berpedapat bahwa asal datang tepat waktu, pas jam kerja adalah baik karena tugas keseharian perawat seperti delegasi dari dokter tanpa tinta hitam pun dengan senang hati perawat melaksanakannya dan itu sudah diatur oleh manajer dengan baik.
Pertanyaan soal:
Apakah latar belakang penyebab perbedaan pendapat tersebut?

Pilihan jawaban:
A. value
B. personality
C. perbedaan budaya
D. banyak tugas
E. over load kerja

Kunci jawaban : A. value
Rasional:
Rasional A : nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh seseorang akan dibawa dalam pekerjaan
Rasional B : integritas kepribadian seseorang. Tidak ada data tentang perbedaan integritas
Rasional C : keanekaragaman budaya yang berpengaruh terhadap persepsi disiplin kerja
Rasional D : banyaknya tugas yang diber-ikan kepada seseorang akan mempengaruhi disiplin kinerjanya. Tidak ada data yang menjelaskan bahwa perdebatan karena tugas yang tidak tertangani
Rasional E : data tidak cukup untuk men-jelaskan tentang overload pekerjaan sebagai sumber perdebatan
Referensi :
Nursalam. (2012). Kepemimpinan dan Ma-najemen. Jakarta: EGC



6. Seorang ketua tim berinisitatif untuk berdiskusi cara mencegah dan menurunkan jumlah kejadian flebitis pasien. Setelah selesai ketua tim menyampaikan SOP yang wajib dilaksanakan dan medampingi perawat pelaksana.
Pertanyaan soal:
Apakah gaya kepemimpinan yang di terapkan?

Pilihan jawaban:
A. otoriter
B. leizes faire
C. demokratis
D. kharismatis
E. militeristik

Kunci Jawaban: C Rasional:
Rasional A : diterapkan dalam situasi kritis dan memberikan instruksi
Rasional B : karena memimpin tidak mempunyai kemampuan dalam membuat keputusan, atau sedang menguji kemampuan staf
Rasional C : selalu menghargai pendapat staf dan meminta pendapat staf sebelum membuat keputusan
Rasional D : punya wibawa dan aura tertentu
Rasional E : melakukan komando tanpa memberi kesempatan untuk mengemukan pendapat
Referensi
Nursalam. (2012). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: EGC



7. Seorang perawat Ners laki-laki sebagai ketua tim yang kharismatik dan bergairah selalu selalu terlihat rapi, wangi, elegan dengan atribute perawat lengkap, datang keruangan on time 30 menit sebelum masuk, ramah, lembut, elok dan cepat respon dalam melayani keluhan pasien. Setiap kali dinas ketua tim tersebut memimpin doa karena sangat fasih, dia juga selalu menysipkan kata-kata bijak dan memberi semangat kepada teman-teman perawat dalam melayani pasien dan keluarga.
Pertanyaan soal:
Apakah fungsi kepemimpinan yang dilakukan perawat ners tersebut?

Pilihan jawaban:
A. Mempengaruhi orang lain
B. Sebagai motivator
C. Sebagai pembuat keputusan
D. Sebagai komunikator
E. Sebagai model peran

Kunci Jawaban: Rasional E : memberikan contoh atau tauladan melalui perilakunya sehari-hari
Rasional:
Rasional A : berfungsi untuk merubah persepsi, pendapat dan pengetahuan staf
Rasional B : untuk memberikan semangat atau support kepada staf bisa dari perilaku dan komunikasi yang dilakukan
Rasional C : untuk menentukan suatu kegiatan atau penyelesaian suatu masalah
Rasional D : peran perawat memberikan informasi kepada pasien
Rasional E : memberikan contoh atau tauladan melalui perilakunya sehari-hari
Referensi
Gillies. (2004). Nursing Management: A System Aprosch, Philadelphia: WB Saunders Company,
Potter and Perry. (2010). Fundamental of Nursing, Jakarta: EGC



8. Seorang kepala ruangan sedang sibuk menyusun jadwal dinas perawat bulan depan. Setelah jadwal dinas selesai dibuat, ia mengumpulkan empat orang perawat pelaksana lalu mengatakan kepada mereka supaya hemat menggunakan tisue cuci tangan, sabun, plester, infus set, dan kassa dalam merawat luka.
Pertanyaan soal:
Apakah fungsi manajemen yang dilakukan pada kasus tersebut?

Pilihan jawaban:
A. Staffing
B. Planning
C. Budgeting
D. Directing
E. Controlling

Kunci Jawaban: B. Planning
Rasional:
Rasional A : melakukan pengaturan staff un-tuk kegiatan pelayanan keper-awatan
Rasional B : melakukan perencanaan un-tuk kegiatan yang akan diren-canakan
Rasional C : menyadari untuk melakukan ke-giatan yang efektif dan effisien
Rasional D : mengarahkan staf untuk melakukan kegaiatn yang ses-uai SOP
Rasional E : melakukan pengawasan kegia-tan yang dilakukan staff untuk memberikan pelayanan keper-awatan
Referensi
Gillies. (2004). Nursing Management: A System Aprosch, Philadelphia: WB Saunders Company,
Potter and Perry. (2010). Fundamental of Nursing, Jakarta: EGC

Sumber : www.perawatkitasatu.com dan Pedoman Uji Kompetensi Keperawatan Indonesia


Baca Juga :

Demikianlah artikel kami mengenai Contoh Soal UKOM Manajemen Keperawatan dan Kunci Jawaban Edisi 186 ini, semoga apa yang telah kami berikan ini bermanfaat bagi teman-teman semua, dan tetap jaga asah semangat teman-teman untuk belajar contoh soal UKOM disini.


0 komentar