Contoh SOAL UKOM (Anak, Keperawatan Medikal Bedah, KGD, Dll) Lengkap part 129

7/15/2018 06:42:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 129 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Contoh SOAL UKOM (Anak, Keperawatan Medikal Bedah, KGD, Dll) Lengkap
engagement for professional profession nursing (Young Ners Indonesia)
Kita Lanjut dengan soal-soal berikut dengan jumlah soal 7 buah beserta kunci jawabannya.

1. Perawat komunitas melakukan kunjungan kepada keluarga pak Te, anak dalam keluarga tersebut sudah lama mengkonsumsi narkoba. Klien sering marah jika keinginannya tidak di turuti. Keluarga menginginkan anaknya berhenti dari barang haram tersebut. Namun keluarga bingung dan tidak tahu caranya. Perawat menyarankan untuk berobat di rumah sakit bagian khusus ketergantungan obat apa peran perawat pada kasus tersebut?

A. Pendidik
B. Advocate
C. Penghubung
D. Pemberi pelayanan
E. Pemodifikasi lingkungan.

Jawaban : C
Peran perawat yang tepat pada kasus di atas yaitu sebagai penghubung antara keluarga dan pihak pelayanan kesehatan



2. Seorang ibu memanggil tetangganya yang perawat dan mengatakan kepada perawat bahwa anaknya yang berusia 3 tahun baru saja meminum cairan pengkilap perabot rumah tangga. Perawat memandu ibu untuk melakukan tindakan segera yang mana?

A. Rangsang muntah
B. Hubungi ambulans
C. Hubungi poison control center
D. Bawa anak ke UGD
E. Lakukan manuver Heimlich

Jawaban : C
Rasional: Jika terjadi keracunan, Poison control center harus segera dihubungi. Merangsang
muntah seharusnya tidak dilakukan jika korban tidak sadar atau jika substansi yang tertelan
adalah produk korosif kuat atau minyak tanah. Membawa anak ke UGDatau memanggil
ambulans bukan merupakan tindakan segera karena akan menunda penatalaksanaan.



3. Seorang laki-laki usia 21 tahun di UGD hasil pengkajian suara nafas terdengar gurgling, frekuensi nafas terdapat jejas di daerah leher, GCS 8 dengan terdapat fraktur klavikula, fraktus costa 4, 5, 6,
riwayat trauma kepala. Apakah tindakan  yang dapat anda lakukan untuk membuka jalan nafas klien?

a. Cross finger dengan teknik head tild  
b. Siapkan pemasangan ETT   
c. Buka dengan teknik jaw trust
d.  Lakukan finger sweep
e.  Pasang mayo/OPA  

Jawaban c. Buka dengan teknik jaw trust



4. Seorang perempuan berusia 60 tahun tinggal di panti wredha, perawat melakukan pengajian klien mengatakan sesak nafas pada malam hari dan jika cuaca dingin,  frekuensi nafas 35 x/menit,  nadi 98x/menit , suara nafas whezing. Apakah Intervensi yang paling tepat pada klien?

a.  Hindari minum 2 jam sebelum tidur
b.  Mandi air hangat sebelum tidur
c.  Beri posisi relaks setengah duduk bagian kepala ± 30-450
d.  Anjurkan untuk batuk
e. Anjurkan berolahraga di pagi hari

Jawaban c.  Beri posisi relaks setengah duduk bagian kepala ± 30-450



5. Perawat A melakukan pengkajian pada keluarga Tn. B. Dari hasil pengkajian diperoleh bahwa usia anaknya 2 tahun dengan BB 7kg. Tn.B mengatakan jika anaknya baik-baik saja, tidak mengalami masalah terbukti dengan anaknya tidak rewel dan masih aktif bermain dengan anak yang lain. Apakah fungsi perawatan kesehatan yang bermasalah?

a. Mengenal masalah kesehatan  
b. Mengambil keputusan   
c. Merawat anggota keluarga yang sakit
d. Memodifikasi lingkungan
e. Memanfaatkan pelayanan kesehatan

Jawaban a. Mengenal masalah kesehatan  



6. Di desa mundur terjadi wabah diare karena masyarakat mempunyai kebiasaan  penggunaan air sungai untuk kebutuhan mandi. Sedangkan warga x 30% masih membuang sampah di sungai  oleh karena itu perawat memberikan penyuluhan dan demonstrasi tentang  pembuatan oralit yg bnr  apakah upaya kesehatan yang dilakukan perawat?

A. Rehabilitatif
B . Preventif
C. Promotif
D. Kognotif
E. Kuratif

Jawaban : E
Pembahasan:
Upaya kesahatan yg dilakukan perawat tentang demonstrasi pembuatan oralit yang benar  merupakan upaya kuratif ( penyembuhan ). Upaya kuratif bertujuan untuk merawat dan mengobati  anggota kluarga dan klompok yang menderita penyakit atau msalah kesehatan.



7. Perawat pelaksana duduk diloungesaat istrahat pagi. Seorang pembantu perawat bercerita padakelompok tersebut bahwa dia berpikir sekretaris unit menderita AIDS yang kemungkinan yang ditularkan dari suaminya yang pecandu obat. Mnakah kesalahan legal yangdilanggar
pembantu perawat tersebut?

A. Libel
B. Slinder
C. Ancaman
D. Kelalaian
E. Kebesaran mental

Jawaban : B
Rasional: Defarmasi adalah komunikasi yang salh atau kurang hati-hati sehingga dapat menyebabkan kerusakan reputasi seseorang, baik yang terulis (libel), atau lisan (slinder).
Ancaman terjadi jika seseorang membuat orang lain ketakutan pada suatu bahaya atau kontak intesif. Kelalaian melibatkan tindakan di bawah syandar pelayanan profesional untuk kelompok
profesi tertentu.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda “kesalahan legal.” Fokus pada data dipertanyaan dan eliminasi pilihan C, D, dan E terlebih dahulu karena definisinya tidak berhubungan dengan data. Ingatbahwa slinder bagian dari defarmasi lisan akan menunjukkan anda pilihan jawaban yang benar di antara pilihan yang tersisa.



Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar