Soal Uji Kompetensi D3 dan Ners Perawat serta kunci Jawaban Ke 143

Soal Uji Kompetensi D3 dan Ners Perawat serta kunci Jawaban Ke 143


Soal Uji Kompetensi D3 dan Ners Perawat serta kunci Jawaban Ke 143, soal ukom perawat, soal ukom ners
do do do do

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 143 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Hai teman-teman, kali ini saya akan sharing soal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat Ke 143 nih, semoga bermanfaat apa yang telah kami berikan ini.


1. Seorang laki-laki berusia 38 tahun dalam keluarga, mengatakan menderita TBC dan sudah mengikuti pengobatan selama 2 bulan, mempunyai anak laki-laki berusia 3 tahun dengan kondisi rumah permanen. Namun ventilasi udara sangat kurang karena ditutup dengan alasan angin dan nyamuk. Apakah tindakan yang dilakukan Perawat tersebut?

a. Menganjurkan pasien untuk melanjutkan pengobatan
b. Mengkaji keadaan dan kondisi klien
c. Menganjurkan pada klien untuk membuka ventilasi rumah
d. Mengajarkan tekhnik isolasi
e.   Menganjurkan untuk menyelesaikan program pengobatan TBC

Jawaban : b. Mengkaji keadaan dan kondisi klien.
Sesuai dengan pertanyaanya, apakah tindakan yang dilakukan perawat tersebut? Bukan tindakan apa yang harus dilakukan perawat selanjutnya, Berarti dengan data diatas perawat melakukan pngkajian keadaan klien dgan hasil klien pnderita TBC sudah pngobtan 2 bulan dan hasil kondisi rumah ventilasi udara kurang.



2. Seorang anak usia 3 tahun sedang di rawat di RS. Anak nampak ketakutan, terus menangis dan tidak mau ditinggal ibunya. Apakah Intervensi keperawatan yang dapat  diberikan untuk mengurangi dampak hospitalisasi pada anak tersebut?

A. Memaksimalkan manfaat hospitalisasi  
B. Meminimalkan sressor atau penyebab stres.
C. Memberikan permainan sesuai dengan usianya
D. Memberikan dukungan pada anggota keluarga lain
E. Mempersiapkan anak untuk mendapat perawatan  di RS

Jawaban B. Meminimalkan sressor atau penyebab stres.



3. Nurse A sebagai perawat primer (PP) melakukan kegiatan bimbingan terhadap staf perawat pelaksana dengan mengkaji dan melihat laporan dokumentasi asuhan keperawatan pasien di ruangan serta memberikan feed back kepada staf yang melakukan dokumentasi kegiatan tersebut.
Apakah kegiatan yang dilakukan oleh Ns A?

a.  Supervise tidak langsung
b.  Supervise langsung
c.  Memberi motivasi
d.  Pembimbingan
e.  Pengawasan

Jawaban a.  Supervise tidak langsung


4. Ditemukan data  pada suatu  keluarga  ada yang menderita penyakit Diare, kemudian menjalani pengobatan ke Puskesmas. Setelah di observasi dan diberikan pengobatan pasien disarankan untuk berobat jalan. Apa tindakan preventif  primer yang harus dilakukan oleh seorang perawat kepada keluarga  ?

a. Melakukan kunjungan ke  keluarga
b. Melakukan kerja bakti pembuangan limbah
c. Melakukan deteksi dini kasus lebih lanjut
d. Melakukan kerjasama lintas sekor
e. Melakukan memberikan penyuluhan tentang cuci tangan

Jawaban e. Melakukan memberikan penyuluhan tentang cuci tangan



5. Tn. T (42 th) masuk ruang Emergency karena kecelakaan lalu lintas. Klien datang dalam keadaan tidak sadarkan diri. Setelah dilakukan pengkajian awal diketahui ada fraktur tulang iga ke 4, 5, dan 6. Pemeriksaan AGD menunjukkan PaO2 = 75 mmHg , PaCO2 = 55 mmHg , pH = 7,28 , HCO3 = 30 mEq/L. Jenis trauma thoraks yang dialami oleh Tn. T adalah?

A. Flail Chest        
B. Temponade Jantung      
C. Perikardiositesis
D. Hemothoraks
E. Pneumothoraks

Jawaban : A. Flail Chest
PENYEBAB temponade jantung
Etiologinya bermacam-macam yang paling banyak maligna, perikarditis, uremia dan trauma (ENA, 2000: 128).
Tamponade jantung bisa disebabkan karena neoplasma, perikarditis, uremia dan perdarahan ke dalam ruang pericardial akibat trauma, operasi, atau infeksi (Mansjoer, dkk. 2001 : 458).
Penyebab tersering adalah neoplasma, idiopatik dan uremia. Perdarahan intraperikard juga dapat terjadi akibat katerisasi jantung intervensi koroner, pemasangan pacu jantung, tuberculosis, dan penggunaan antikoagulan (Panggabean, 2006 : 1604).



6. Tn. Doni (35 th) dirawat dengan diagnosa medis  hypothyroidism dan mendapatkan terapi hypothyroidism jangka panjang. Salah satu :tugas utama perawat adalah mengetahui dan memantau adanya ?

a. Angina             
b. Hypoglycemia  
c. Bradycardia
d. Hypertension
e. Hyperkalemia

Jawaban : a. Angina

penderita yang mengkonsumsi hipotiroidisme dalam jngka panjng akan mengalami penurunan denyut jantung, penurunan daya kontraksi dan fungsi diastolik, penurunan output kardiak dan peningkatan resistansi vaskular sistemik; yang menyebabkan peningkatan tekanan diastolik dan penurunan tekanan sistolik Oleh karena terjadi peningkatan serum kolestrol, penderita menjadi lebih rentan terhadap ateriosklerosis



7. Sebuah bus berpenumpang 40 orang terbalik di jalan tol. Anda adalah seorang petugas yang akan melakukan triase. Anda menemukan pasien dewasa yang tidak bernafas. Sebagai petugas triase lapangan, apakah yang akan anda lakukan?

a. Memberikan bantuan nafas mouth to mouth
b. Mengatur posisi leher/ kepala
c. Berteriak memanggil bantuan
d. Melakukan CPR secepatnya
e. Memberikan label hitam

Jawaban b. Mengatur posisi leher/ kepala



8. Seorang lansia perempuan (73 tahun) tinggal di panti mengalami gangguan system musculoskeletal. Klien mengalami kelemahan otot pada bagian extremitas bawah. Klien pernah mengalami stroke 1 tahun yang lalu. Ketika dikaji klien tiba-tiba menangis dan terus menyebut nama anaknya. Klien mengatakan sudah 6 bulan tidak pernah dikunjungi oleh anaknya. Manakah masalah keperawatan yang prioritas berkaitan dengan pemenuhan ADL pada kasus di atas?

a.  Kerinduan akan anaknya
b.  Riwayat stroke setahun yang lalu
c.  Tidak dapat berpindah tempat secara mandiri
d.  Kelemahan otot pada bagian extremitas bawah
e.   Menangis dengan terus menyebut nama anaknya

Jawaban d.  Kelemahan otot pada bagian extremitas bawah  

Baca Juga :

Sumber : KBS UKOM Keperawatan D3 & Ners Indonesia 2018

Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar