Soal-Soal Kisi Uji Kompetensi Keperawatan dan Jawaban (Anak, Komunitas, Medikal Bedah, Gerontik) Ke 158

8/31/2018 08:15:00 AM

Soal Kisi Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan dan Jawaban Ke 158


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 158 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan membagikan postingan soal yang ke 158 saya berikan kepada teman-teman. Ayo daripada teman-teman semuanya bingung mencari soal ataupun harus membeli buku contoh soal ataupun kursus intensif soal-soal UKOM lebih baik belajar disini, karena disini saya berikan kepada teman-teman gratis. Yok pelajari lagi soal-soal saya dari edisi ke 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 sampai edisi saat ini 158.

Soal-Soal Kisi Uji Kompetensi Keperawatan dan Jawaban (Anak, Komunitas, Medikal Bedah, Gerontik) Ke 158
i'm nurse, but have only unemployment 

1. Balita perempuan berusia 18 bulan sudah dapat berjalan sendiri dengan baik, mulai bisa mengucapkan 3 - 5 kata yang dapat dimengerti, selalu ingin mengikuti tindakan yang dikerjakan oleh kakaknya yang berusia  4 tahun. Bagaimanakah cara menstimulasi motorik halus untuk anak tersebut ?

A.  Bermain menggelindingkan bola
B.  Ajak untuk bermain menangkap air
C.  Bermain menempelkan gambar dengan lem
D.  Berikan kertas dan pinsil untuk mencorat-coret
E.  Berikan mainan dengan tekstur berbeda (kasar dan halus)

Jawaban : D.  Berikan kertas dan pinsil untuk mencorat-coret



2. Seorang anak perempuan, berusia 4 tahun, dibawa ke unit gawat darurat, didiagnosis mengalami dengue syok sindrom,  pengkajian menunjukkan adanya penurunan kesadaran, tekanan darah 63/39 mmHg, frekuensi pernapasan 61 x/menit, pusing, muntah 5 kali, perut kembung, kelopak mata bengkak, edema palpebra, mukosa bibir kering,  sesak, terlihat pernafasan cuping hidung, ada ronkhi, berat badan 16 Kg, saat ini masih dipuasakan. Data prioritas apakah yang harus dikaji untuk melengkapi data diatas?

A. Suhu tubuh menurun
B. Nadi teraba kecil dan cepat
C. Terjadi retraksi dinding dada
D. Cairan lambung berwarna kecoklatan
E. Suara napas menurun di salah satu sisi paru

Jawaban B. Nadi teraba kecil dan cepat



3. Seorang perawat mendapat tugas di posyandu,untuk memberikan penyuluhan tentang kaidah hidup sehat pada masyarakat  setempat.ditemukan data  penderita penyakit TBC masih tinggi. Apakah materi penyuluhan  pada kasus tersebut diatas ?

a. Pola Hidup Sehat
b. Makanan bergizi
c. Rumah sehat
d. Pencegahan TBC
e. Bahaya Merokok

Jawaban a. Pola Hidup Sehat



4. Seorang  laki-laki, berusia 47 tahun mengatakan bahwa istrinya yang berusia 39 tahun sudah lama mengalami batuk dan oleh dokter dinyatakan menderita TB paru setelah berobat ke Puskesmas, orang tuanya jug menderita TB paru tetapi sudah sembuh, hasil pemeriksaan tanda-tanda vital didapatkan ; TD 110/70 mmHg, nadi 80 kali/meni, pernafasan 20 kali/menit, suhu 36,5◦ C, BB 4 kg, TB 155 cm, suara nafas ronki, keluarga mengatakan tidak memiliki tempat penampungan dahak, keluarga tidak memisahkan alat-alat yang memungkinkan terjadi penularan, hasil observasi ruangan rumah dan kamar tidur penderita lembap dan gelap karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Manakah masalah keperawatan yang sesuai dengan keadaan tersebut ?

a. Ketidakmampuan keluarga mengambil keputusan dalam merawat anggota keluarga
b. Resiko terjadi infeksi
c. Resiko terjadi penularan pada keluarga
d. Resiko terjadi cedera
e. Ketidakefektifan penatalaksanaan aturan terafeutik

Jawaban c. Resiko terjadi penularan pada keluarga




5. Seorang perawat melakukan pemeriksaan fisik pendengaran berbisik pada pasien dari jarak 6 meter. Saat dilakukan bisikan dua kata, klien tidak mendengar suara tersebut sehingga klien hanya diam saja. Apakah yang dilakukan perawat selanjutnya?

a. Mengganti dua kata tersebut
b  Menggunakan volume suara
c. Berpindah ke telinga yang satu
d  Mendekat ke arah pasien 1 meter
e. Meminta klien untuk mengulang kata-kata yang diucapkan

Jawaban d  Mendekat ke arah pasien 1 meter



6. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang ke UGD klien mengalami perubahan kesadaran berdasarkan pengkajian klien mempunyai riwayat penyakit DM, , kulit kering, membrane mukosa kering, turgor kulit turun, tachicardi, hipotensi, pernafasan shallow, gula darah 800mg/dl.
Apakah masalah kasus di atas?

A. Tirotoksikosis
B. Krisis adrenal
C. Miksedema
D. Diabetes ketoasidos
E. HHS

Jawaban : D. Diabetes ketoasidos



7. Seorang Perawat  sedang melakukan komunikasi terapeutik dengan pasien lansia laki-laki  usia 78 tahun, disebuah bangsal di RS, perawat  ikut merasakan apa yang dikeluhkan oleh pasien lansia, dan dengan penuh kehangatan dan kelembutan perawat  mencoba untuk menenangkan pasien  lansia  dengan sedikit sentuhan. Prinsif komunikasi apakah yang dilakukan oleh perawat tersebut.... ?

a. Keterampilan komunikasi
b. Sikap komunikasi
c. Pra interaksi komunikasi
d. Fase kerja komunikasi
e. Fase terminasi komunikasi

Jawaban : b. Sikap komunikasi
Prinsip komunikasi yg baik dan perlu di perhatikan pada lansia salah satunya yaitu sikap kita dalam berkomunikasi seperti yg digambarkan pada soal



8. Seorang perempuan berusia 50 tahun datang ke poli THT dengan keluhan pendengaran tidak jelas, dan dapat bila mendengar suara keras. Hasil pengkajian didapatkan tes rinne memendek, webber lebih keras pada telinga pemeriksa, dan swabach lateralisasi ke salah satu telinga.
Apakah makna hasil pemeriksaan tersebut?

a. Klien mengalami tuli total
b. Klien mengalami tuli perseptif
c. Klien mengalami tuli konduktif
d. Pemeriksa mengalami tuli konduktif
e. Klien mengalami kerusakan gendang telinga

Jawaban : c. Klien mengalami tuli konduktif
Rasional Tuli Konduktif atau Conductive Hearing Loss (CHL) adalah jenis ketulian yang tidak dapat mendengar suara berfrekuensi rendah.
Tuli/Gangguan Dengar Konduktif adalah gangguan dengar yang disebabkan kelainan di telinga bagian luar dan/atau telinga bagian tengah, sedangkan saraf pendengarannya masih baik, dapat terjadi pada orang dengan infeksi telinga tengah, infeksi telinga luar atau adanya serumen di liang telinga.
Fokus pd tujuan pemeriksaan rinne, webber & swabach akn merujuk pd pemeriksaan hantaran yg merupakan pemeriksaan pd tuli konduktif sdngakan tuli perseptif lbh pd pemeriksaan sistem persyarafan.



Baca Juga :


Demikianlah artikel Soal Kisi Uji Kompetensi Keperawatan serta kunci jawaban edisi ke 158, semoga bermanfaat bagi teman-teman Pejuang UKOM Sejati.

0 komentar