CONTOH SOAL UKOM PERAWAT D3 & NERS KE 100

3/16/2018 09:00:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 100 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya

Asosiasi Institute Pendidikan Ners Indonesia, AIPNI, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap, UKOM D3, UKOM Ners, UKOM Keperawatan, uji kompetensi D3, uji kompetensi Ners, contoh soal UKOM, contoh soal UKOM Keperawatan, contoh soal UKOM Perawat, contoh Soal UKOM terbaru, contoh soal UKOM pdf doc, contoh soal uji kompetensi keperawatan lengkap dengan kunci jawaban, google, google.com, UKOM, tes, soal tes, kisi-kisi soal ukom, kisi ukom, uji kom, materi ukom, materi ukom perawat, materi ners, kesehatan, keperawatan, test
mekanisme perubahan tekanan darah

Uji Kompetensi Keperawatan Indonesia


Dibawah ini terdapat 6 buah contoh soal UKOM Beserta Kunci Jawabannya


1. Klien dengan sindrom Guillain-Barre mengalami paralisis pada tubuh bagian atas, sudah diintubasi dan diberikan ventilasi mekanik. Manakah strategi yang harus dimasukkan perawat pada perencanaan keperawatan untuk menbantu klien menghadapi penyakitnya ?

A. Memberikan klien kontrol penuh atas keputusan perawatan dan membatasi pengunjung
B. Memberikan umpan balik positif dan mendorong ROM aktif
C. Memberikan informasi, memberikan umpan balik yang positif, dan mendorong relaksasi
D. Memberikan obat penenang melalui intravena
E. Mengurangi distraksi dan membatasi pengunjung
Jawaban : C
Rasional: Klien dengan sindrom Guillain-Barre mengalami ketakutan dan kecemasan akibat paralisis tubuh bagian atas, serta munculnya gangguan yang tiba-tiba. Perawat dapat mengurangi ketakutan dengan memberikan informasi yang akurat tentang kondisi klien, memberikan perawatan lanjut, dan umpan balik positif pada klien, mendorong relaksasi, serta distraksi. Keluarga bisa dilibatkan pada aktifitas tertentu dan memberikan hiburan untuk klien juga.

Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda membantu klien menghadapi penyakitnya. Pilihan A harus dieliminasi terlebih dahulu karena tidak tepat jika berpikir bahwa klien ingin kontrol penuh atas semua keputusan perawatan. Klien yang mengalami paralisis tidak dapat berpartisipasi dalam ROM aktif, maka pilihan B harus dieliminasi. Dari pilihan yang tersisa, pilihan yang paling tepat adalah yang lebih menguntungkan dalam membantu klien menghadapi penyakitnya.
Review: Perawatan klien dengan sindrom Guillain-Barre
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Perencanaan
Upaya Kesehatan: Rehabilitatif
Kebutuhan Dasar: Komunikasi
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar pustaka: Ignatavicius, Worman ((2013), p. 990-991; Swearingen (2012), p. 265-266



2. Apa panduan yang harus digunakan oleh perawat saat berencana memberikan delegasi dan tugas ?

A. Mengutamakan keselamatan klien
B. Sesuai dengan permintaan staf
C. Pembagian ruangan dalam unit
D. Jumlah klien yang direncanakan pulang
E. Klien dengan disabilitas

Jawaban : A
Rasional: Terdapat panduan saat perawat akan memberikan delegasi atau akan merencanakan tugas. Hal ini termasuk, mengutamakan keselamatan klien, mengetahui variasi kemampuan keterampilan seseorang, menentukan tugas mana yang dapat didelegasikan dan pada siapa; sesuaikan tugas dengan orang yang menerima delegasi berdasarkan aturan praktik keperawatan dan sesuai dengan posisi pekerjaannya, lengkapi dengan arahan yang jelas, ringkas, akurat, dan lengkap; memvalidasi pemahaman staf yang diberikan delegasi; berikan percaya diri pada staf yang diberikan delegasi dan berikan feedback yang sesuai setelah tugas dikerjakan; dan jaga keberlanjutan perawatan sebaik mungkin saat melakukan perawatan pada klien. Permintaan staf, aspek kenyamanan seperti pembagian ruangan, dan mengantisispasi perubahan jumlah klien di unit bukan panduan yang spesifik untuk pendelegasian dan perencanaantugas.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, panduan yang digunakan saat memberikan delegasi dan merencanakan suatu tugas. Baca setiap pilihan jawaban dengan hati-hati, dan gunakan teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Perhatikan bahwa pilihan jawaban benar berkaitan dengan kebutuhan klien dan keselamatan klien.
Review: Prinsip dan panduan pendelegasian dan penugasan
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Belajar
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar pustaka: Alfaro-LeFevre (2012), p.111-112; Huber (2010), p. 244-247; Potter et al (2013), p. 263, 282-283.



3. Seorang  neonatus  tampak  mempunyai wajah  yang  aneh  dengan  letak  keadaan telinga  rendah  dan  heliks  terlipat.  Dagu  kecil  dan  hidung  terlipatke  arah ujung.  Hasil  pemeriksaan  membran  plasenta  plasenta  amnion  nodosum.  Anda sebagai  perawat  Ners,  Pada  keadaan  ini  harus  di  curigai  adanya kemungkinanan....?

A.  Agenesis  renal  bilateral
B.  Toksoplasmosis  congenital
C.  Atresia  esophagus
D. Infeksi  streptokokus  grup  B
E.  Infeksi  streptokokus  grup  A

Jawaban C.  Atresia  esophagus



4. Seorang  bayi  aterm  dengan  berat  3.600  gram  dengan  paralisis  pleksus brakialis  mengalami  sianosis  dengan  gawat  pernapasan  pada  umur  72jam.  Yang mana  diantara  penyebab  di  bawah  ini  yang  paling  memungkinkan....?

A.  Sindrom  gawat  pernapsan  infantil  (RDS)
B.  Paralisis  diagrafma
C.  Pendarhan  pulmoner
D.  Malformasi  adenomatoid  kistik  paru
E.  Malfungsi  trombosit

Jawaban B.  Paralisis  diagrafma



5. Seorang  anak  berumur  5  tahun  mengalami  apnea  dan  paralisis  untuk  suatu priode  yang  agak  lama  setelah  dilakukan  suntikan  suksinilkolin  untuk  intubasi dan  induksi  anastesi.  Dari  kasus  diatas  anak  ini  mengalami.....?

A. Mengalami  alergi  obat
B. Mengalami  gangguan  ginjal
C.Mendapat  dosis  obar  berlebihan
D.Mempunyai  defisiensi  pseudokolinesterase
E. Mengalami  reaksi  alergi  terhadap  suksinlkolin

Jawaban E. Mengalami  reaksi  alergi  terhadap  suksinlkolin



6. Sedang  merawat  seorang  bayi  berumur  7  bulan  dengan  dehidrasi  akibat diare.  Jumlah  serum  natrium  yang  di  laporkan  adalah  185  mEq/L.  Dalam keadaan  ini  apakah  rencana  tindakan  yang  akan  anda  lakukan..?

A.  Memberikan  monitol
B.  Memberikan  cairan  amnion
C.Menggunakan  larutan  bebas  natrium
D.koreksi  hipernatremia  secara  lambat
E. Memberikan  larutan  glukosa  hipertonik

Jawaban D.koreksi  hipernatremia  secara  lambat 



Sumber : KBS UKOM (D3 & Ners) Indonesia 2018

Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar