Soal UKOM Ners Beserta Jawaban Edisi 212

Soal UKOM Ners Beserta Jawaban Edisi 212


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 212 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Soal UKOM Ners Beserta Jawaban Edisi 212

Halo sahabat semuanya, berikut ini kumpulanukom.blogspot.com hadrikan sebuah latihan soal Uji Kompetensi unteuk teman-teman perawat D3 dan Ners semuanya. Terdapat 4  =buah soal disertai kunci jawabannya. Selamat belajar dan tetap semangat belajar disini ya


1. Seorang perempuan  usia 35 tahun di rawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan BAB cair dan sering, kadang bercampur darah,sakit kepala,suhu 380C,Nadi 88x/mnt,TD;90/60 mmhg,Pernafasan 24x/mnt,turgor kulit jelek,mukosa kering,kesadaran menurun. Apakah  tindakan  yang pertama kali dilakukan pada pasien tersebut?

a. Memberi cairan parenteral
b. Memberikan makanan lunak rendah serat
c. Memasang NGT
d. Mencatat intake dan aut put
e. Observasi tanda tanda vital

Jawaban : A. Memberi cairan parenteral



2. Ibu dengan anak usia 30 bulan datang ke poli tumbuh kebang untuk konseling. Ibu merasa cemas, karena anaknya belum bisa mengatur BAK dan BAB nya. Orang tuanya bertanya “kapan sebenarnya anak mulai bisa dilatih untuk BAB dan BAK ?” . Manakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut ?

a. Sejak anak usia 6 bulan
b. Setelah anak usia 1 tahun
c. Setelah anak dapat berjalan dengan lancer
d. Setelah anak dapat duduk, dan berkomunikasi sederhana
e. Apabila anak mampu membuka dan memakai bajunya

Jawaban : D. Setelah anak dapat duduk, dan berkomunikasi sederhana
Rasional :
melatih toilet training butuh kesiapan anak n ortu,jdi jwban D mncakup smua ns,stlh anak dpat ddk n brkomunikasi sdrhana,dg kmnikasi siibu tw anak sdah phan n mampu.



3. Bayi perempuan usia 15 hari dirawat di ruang anak RS X dengan diagnosa medis atresia bilier, didapatkan data pengkajian kesadaran compos mentis, temperatur: 36,50 C, urine berwarna gelap, feces berwarna pucat, kulit berwarna kuning, dan palpasi hepar ada pembesaran, anak tampak tidak mau menyusu pada ibunya. Pengkajian apakah yang harus dilakukan pada bayi tersebut untuk melengkapi kasus diatas

a. Tekanan darah
b. Intake dan output
c. Refleks fisiologis
d. Refleks patologis
e. Berat badan

Jawaban : E. Berat badan
Rasional :
Pada awal kelahiran biasanya BB normal , akan ttpi terjdi Penurunan berat badan karena tingkat ikterus meningkat.
Jadi E



4. Ny X ( 70 tahun) , pernah mengalami jatuh 1 kali. Kondisi lingkungan rumah gelap dan lantai licin. Saat ini mengkonsumsi obat hipertensi, serta penurunan pendengaran dan penglihaan. Data  apa  saja yang harus dikaji oleh perawat  untuk mengurangi resiko jatuh kasus di atas?
a. Kaji nutrisi klien
b. Kaji kesadaran pasien
c. Kaji  tingkat depresi klien
d. Kaji spiritual klien
e. Kaji mual muntah

Jawaban : C. Kaji  tingkat depresi klien
Rasional :
Kondisi rumah gelap dan licin serta penurunan pendengaran dan pengliatan, kondisi tersebut bisa membuat lansia menjadi depresi.dan mengakibatkan tensi naik dan bisa terjadi resiko jatuh




Baiklah teman-teman semuanya, mungkin cukup disini dulu pertemuan dan juga perjumpaan hari ini di kumpulanukom.blogspot.com. Terimakasih telah belajar mengenai Soal UKOM Ners Beserta Jawaban Edisi 212. Semoga artikel kami diatas dapat membatu bagi teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi ya.

0 komentar