Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Disertai Jawaban Edisi 213

Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Disertai Jawaban Edisi 213


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian 213 ke beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Disertai Jawaban Edisi 213

Hai sahabat semuanya, seperti biasa ya kita akan belajar dan berlatih soal-soal UKOM Perawat D3 dan Ners. Berikut ini kumpulanukom.blogspot.com hadirkan 5 buah soal disertai jawaban mengenai Uji Kompetensi Perawat Tahun 2019 / 2020. Semangat belajarnya ya, dan semoga lulus UKOM semuanya


1. Seorang pasien lansia, perempuan, usia 65 tahun,  yang sedang immobilisasi, untuk menghindari pasien  terjatuh dari tempat tidur  perawat memasang plang bed. Prinsip etik apakah yang diterapkan  oleh perawat pada kasus di atas?

a. Beneficience
b. Nonmaleficience
c. Autonomy
d. Justice
e. Veracity

Jawaban : b. Nonmaleficience
Pembahasan ;
distu perawat memasang plang bed berarti melakukan tindakan mengarah k beneficience, klo nonmaleficience tdk mlkukan tindakan



2. Seorang laki-laki berusia 9 tahun, menderita Nephrotic syndrome. Terdapat edema pada wajah, abdomen, genital, dan ekstremitas bawah. Ibu pasien mengatakan bahwa berat badan anaknya naik sebanyak 2 kilogram dalam waktu 2 minggu namun ia lupa berapa gelas per hari pasien minum.

Apakah masalah keperawatan utama yang terjadi pada pasien tersebut ?

a. Kelebihan volume cairan
b. Risiko kekurangan volume cairan
c. Perubahan citra tubuh
d. Perubahan integritas kulit
e. Nutrisi kurang dari kebutuhan

Jawaban : c. Perubahan citra tubuh



3. Seorang laki-laki berusia7 tahun, menjalani rawat inap karena menderita Ventricel Septal Defect. Orang tuanya mengatakan sejak kecil pasien tidak dapat beraktivitas seperti  anak lainnya karena cepat merasa lelah dan sesak nafas kemudian seluruh tubuhnya akan membiru.

Dari pemeriksaan fisik didapat data : frekuensi nafas 50 x/menit, terdapat retraksi dinding dada,distensi vena jugularis,  bunyi jantung tambahan, hepatomegali, edema tungkai dan terdapat clubbing finger. Apakah tanda  yang mengindikasikan pasien mengalami hypoxia kronis ?

a. Clubbing finger
b. Bunyi jantung tambahan
c. Sesak nafas
d. Retraksi dinding dada
e. Edema tungkai

Jawaban : a. Clubbing finger



4. Seorang laki-laki berusia 73 tahun, mengalami gangguan tidur, kurang konsentrasi, mengalami penurunan minat, dan merasa tidak bertenaga. Masuk hasil pengkajian manakah data tersebut?

a. Kemandirian
b. Intelektual
c. Delirium
d. Depresi
e. Demensia

Jawaban : b. Intelektual
Pembahasan ;
Beberapa definisi intelektual menurut para ahli, diantaranya :
  1. Intelektual merupakan suatu kumpulan kemampuan seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan mengamalkannya dalam hubungannya dengan lingkungan dan masalah-masalah yang timbul (Gunarsa, 1991).
  2. Pengertian intelektual menurut Cattel (dalam Clark, 1983) adalah kombinasi sifat-sifat manusia yang terlihat dalam kemampuan memahami hubungan yang lebih kompleks, semua proses berfikir abstrak, menyesuaikan diri dalam pemecahan masalah dan kemampuan memperoleh kemampuan baru.
  3. David Wechsler (dalam Saifuddin Azwar, 1996) mendefinisikan intelektual sebagai kumpulan atau totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak dengan tujuan tertentu, berpikir secara rasional, serta menghadapi lingkungan secara efektif.
Jadi, intelektual adalah kemampuan untuk memperoleh berbagai informasi berfikir abstrak, menalar, serta bertindak secara efisien dan efektif.



5. Seorang perempuan berusia 2,5 tahun, keluarga mengatakan anaknya sering mengeluh gatal-gatal pada tangan, kaki, dan dagu, anak tampak kumel, kebersihan kurang, berdaki, dan pakaian kotor.
Apakah  masalah kesehatan kasus tersebut?

a. Menderita skabies
b. Menderita bisul
c. Menderita kandidiasis
d. Menderita dermatitis
e. Menderita alergi

Jawaban : a. Menderita skabies



Mungkin cukup disini dulu pertemuan dan juga perjumpaan hari ini di kumpulanukom.blogspot.com. Terimakasih telah belajar mengenai Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Disertai Jawaban Edisi 213. Semoga artikel kami diatas dapat membatu bagi teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi ya.

0 komentar