Kisi Soal Uji Kompetensi Keperawatan D3 dan Ners Perawat Ke 153

8/26/2018 02:11:00 AM

Kisi Soal Uji Kompetensi Keperawatan D3 dan Ners Perawat Ke 153



Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 153 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Kisi Soal Uji Kompetensi Keperawatan D3 dan Ners Perawat Ke 153, soal uji kompetensi keperawatan lengkap, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 tahun 2022
I do not know why every time I submit a job application at a private or state hospital I always fail in administration but when I apply for a company I always pass the administrative test even though everything is in accordance with the requirements including the STR I attach

Hai halo semuanya, ketemu kembali dengan saya yang selalu setia memberikan contoh soal-soal uji kompetensi keperawatan, kali ini saya akan membagian contoh soal edisi yang 153 ya, selamat belajar teman-teman pejuang Ukom



1. Seorang laki-laki usia 23 tahun mengalami kecelakaan bagian frontal membentur jalan, Saat kejadian sampai saat pengkajian (2 jam post kecelakaan).  Pengkajian ditemukan data: tidak sadarkan diri, pernapasan grugling, nilai GCS: E2M3V2, saturasi oksigen 87%. Apakah tindakan yang dilakukan perawat pertama kali  ?

A. Suction
B. Ventilator
C. Pemasangan OPA
D. Intubasi (pasang ETT)
E. Pasang Laringeal Mask Airway

Jawaban : D. Intubasi (pasang ETT)
Pasien dngan dngan tidak sadar pernapasan gurgling terutama nilai gcs 7 dan saturasi o2  87%..harus segera di tindaklanjuti dngan pemasangan ETT agar kbutuhan o2 ny terpenuhi..



2. Bayi, usia 4 hari  dengan palato schizis di rawat di ruang rawat inap. Hasil pengkajian saat ini kesadaran compos mentis, tanda-tanda vital : temperatur 36,6 0C denyut nadi 120x/m, frekuensi napas 40x/m, berat badan 2690 gr, reflek rooting (+), reflek sucking (+), sesak (-). Pasien direncanakan akan dilakukan pemasangan obturator (langit-langit mulut buatan). Apakah masalah keperawatan utama pada pasien tersebut ?

a Risiko nutrisi : kurang dari kebutuhan  
b Risiko tinggi terjadinya aspirasi
c Risiko tinggi terjadinya infeksi
d Cemas pada orangtua
e Gangguan oksigenasi

Jawaban : b Risiko tinggi terjadinya aspirasi


3. An. M (5 tahun) dibawa ke RS dengan keluhan darah keluar dari hidung. Saat dilakukan pemeriksaan fisik didapatkan memar dan kebiruan di lengan atas dan disekitar bawah mulut. Ibu klien mengatakan 2 minggu yang lalu anaknya sakit panas dan pilek. Hasil pemeriksaan darah menunjukkan: trombosit 80.500/mm³ ; leukosit 8.300/mm³ ; Hb 8,7 gr/dl. Apa masalah keperawatan utama yang terjadi pada An. M?

A. Intoleransi aktivitas
B. Gangguan perfusi jaringan
C. Resiko perdarahan
D. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
E. Resiko tinggi gangguan integritas kulit

Jawaban C. Resiko perdarahan



4. Bayi laki-laki usia 8 bulan dibawa oleh ibunya ke Puskesmas untuk melakukan imunisasi. Pada pemeriksaan didapatkan hasil yaitu berat badan 9 kg, suhu tubuh 36,8ºC, pernafasan 20x/menit, sebelumnya telah mendapatkan imunisasi BCG, DPT I dan Polio 2. Imunisasi apa yang sekarang harus diberikan?

A. DPT II Polio II
B. DPT II Polio III
C. DPT II  Polio IV
D. DPT III Polio III
E. DPT III Polio IV

Jawaban B. DPT II Polio III



5. Seorang anak laki-laki berusia 4 bulan dibawa orang tuanya ke rumah sakit dan dirawat di Ruang Anak karena mengalami BAB mencret dan muntah terus menerus selama 3 hari. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh data anak tampak lemas dan rewel, terdapat kemerahan di sekitar anus, hasil auskultasi bunyi peristaltik usus 15x/menit, perkusi abdomen hipertimpani (kembung), BAB lebih dari 4x dengan konsistensi cair berampas, berat badan anak sebelum BAB mencret 5,3 Kg dan berat badan anak saat BAB mencret 4,9 Kg. Apa masalah keperawatan utama yang dihadapi oleh anak tersebut?

A. Kekurangan kebutuhan nutrisi
B. Kelebihan kebutuhan nutrisi
C. Kerusakan integritas kulit
D. Kekurangan volume cairan dan elektrolit
E. Kelebihan volume cairan dan elektrolit

Jawaban A. Kekurangan kebutuhan nutrisi



6. Ny.M penderita DM type 2 usia 42 tahun, dengan luka gangrene pada bagian ekstremitas kanan bawah daerah dorsal pedis. Sudah 4 hari dirawat diruang penyakit dalam, dan akan dilakukan tindakan perawatan luka. Ttv dalam batas normal. Pada perawatan luka, setelah dilakukan pelepasan balutan luka/verban.
Apakah tindakan selanjutnnya yang akan dilakukan sesuai dengan SOP ?

a. Memakai handscoon
b. Melepaskan plester
c. Melakukan nekrotomi pada jaringan nekrosis.
d. Membersihkan luka
e. Observasi Luka

Jawaban e. Observasi Luka




7. Seorang laki – laki usia 40 tahun datang ke ruang gawat darurat  karena asma, dengan keluhan sesak nafas, lemah, nafas cuping hidung, ada retraksi dada, hasil pemeriksaan perawat tekanan darah 130/90 mmHg, nadi  80 kali per menit, suhu 37,80C, napas 32 kali per menit.
Data apakah yang didapatkan dari hasil penilaian jalan nafas?

a. Suara sonor
b. Suara ronchi
c. Suara crecles
d. Suara resonan
e. Suara wheezing

Jawaban e. Suara wheezing



8. Seorang laki-laki usia 56 tahun diprogramkan untuk menjalani operasi katarak di rumah sakit mata. Klien mengeluh pandangannya kabur dan sulit melihat benda dari jarak jauh. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan lensa mata tampak keruh, tekanan darah 130/80 mmHg, Nadi 78 kali/menit, RR 19 kali/menit. Klien mengatakan takut jatuh.
Apakah prioritas diagnosa keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

a. Cemas
b. Nyeri Akut
c. angguan rasa nyaman
d. Gangguan perfusi jaringan
e. Gangguan persepsi sensori penglihatan

Jawaban e. Gangguan persepsi sensori penglihatan


Baca Juga :

Sumber : KBS UKOM Keperawatan Indonesia

Demikianlah contoh soal yang dapat saya sajikan dan berikan ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, dan terus pantau blog ini untuk mendapatkan update contoh soal uji kompetensi berikutnya

0 komentar