Contoh Soal UKOM Perawt Ke 117 Tahun 2018 Terbaru

5/06/2018 08:53:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 117 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


1. Klien  dengan  kolostomi  baru  yang  dibuat  dua  hari  yang  lalu  mulai  flatus  berbau  busuk  dari stoma. Apa  interoretasi perawat  yang  benar?
A.  Hal ini normal, kejadian  yang  diharapkan
B.  Klien mengalami  gajala awal iskemia usus
C.  NGT klien seharusnya  tidak boleh dicabut
D.  Hal ini menunjukkan  persiapan preoperasi usus  yang  tidak  adekuat
E.  Hal ini menunjukkan hiperperistaltik pada  saluran cerna

Jawaban  :  A
Rasional:  Kembalinya  gerakan  peristaltik  setelah  pembuatan  kolostomi,  klien  mulai mengeluarkan  flatus  berbau  busuk  dari  stoma.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  fungsi  usus  kembali normaldan  sesuai  kondisi  yang  diharapkan.  Dalam  72  jam  pasca  pembedahan,  klien  harus  mulai BAB dari kolostomi. Pilihan B, C, D, dan  E tidak tepat.



2. Seorang laki-laki berusia 68 tahun di rawat di ICU, kesehariannya klien mengeluh sakit kepala terkadang bicara tidak jelas, dan kesadarannya menurun hasil dari CT scan , didapatkan hematoma cerebri, hasil pemeriksaan tekanan darah 160/80 mmhg, nadi 80 x/ menit, respirasi 24x/menit dan suhu 38°c. Apakah tindakan kolaborasi yang tepat untuk pasien tersebut?
A. Pemberian menitol 200 mg X 6 perhari
B. Pemantauan tanda-tanda vital
C. pemantauan balnce cairan
D. Pemantauan kesadaran
E. memasang monitor
Jawaban : A. Pemberian menitol 200mg x 6 per hari
Pembahasan :
Tindakan kolaborasi yang tepat yaitu kolaborasi dengan dokter, pemberian menotol harus sesuai dengan resep dokter. Jawaban yang lain mengacu pada tindakan keperawatan.



3. Seorang  perempuan berusia 45 tahun terkena luka bakar kimia di rumah.  Tangan dan sebagian dadanya mengalami luka bakar. Apa tindakan yang pertama kali dilakukan pada klien tersebut?

A. Memindahkan klien ke tempat yang aman
B. Merendam klien ke air Es
C. Menyiram tubuh klien dengan air
D. Membersihkan luka bakar klien d3ngn NACL 0,9%
E. Memberasihkan luka klien dengan antiseptik.
Jawaban: A. Memindahkan klien ketempat yang aman
Pembahasan :
Tindakan pertama kali yang anda lakukan saat melihat ada seseorang terkena  luka bakar. Yaitu memindahkan atau mengevakuasi korban ke tempat yang aman.



4. Tn. F masuk rumah sakit jiwa diantar oleh mertuanya karena sering ketakutan sendiri dan sering mengatakan ada sekelompok orang dari luar angkasa yang mengejar-ngejarnya untuk dijadikan sandera. Dan yang terakhir, klien mengunci semua keluarganya di rumah
dan melarang keluarganya untuk keluar rumah selama sehari. Klien dulunya adalah seorang buruh pabrik dan enam bulan yang lalu di PHK. Apakah diagnose keperawatan yang muncul sesuai kondisi yang dialami oleh Tn. F saat ini?

a. Resiko tinggi perilaku kekerasan : menciderai orang lain
b. Gangguan konsep diri : harga diri rendah
c. Perubahan proses pikir : waham
d. Resiko bunuh diri
e. Defisit perawatan diri

Jawaban c. Perubahan proses pikir : waham



5. Ny. P masuk rumah sakit jiwa dengan alasan klien sering bicara ngelantur, ketawa sendiri, menutup telinganya. Enam bulan ini setelah klien diceraikan suaminya, klien hanya melamun dan tiduran di kamar. Dari hasil pengkajian keperawatan, penampilan klien tidak
rapi, rambut klien kotor, tidak tersisir dan terurai. Klien juga makan sendiri namun selalu tercecer dan sisa makanannya selalu menempel dimulut. Apakah diagnose keperawatan yang muncul sesuai kondisi yang dialami oleh Ny. P saat ini?

a. Resiko tinggi perilaku kekerasan : menciderai orang lain
b. Gangguan konsep diri : harga diri rendah
c. Perubahan proses piker : waham
d. Defisit perawatan diri
e. Isolasi social : menarik diri

Jawaban d. Defisit perawatan diri




6. Tn. H berusia 64 tahun dibawa keluarga masuk rumah sakit jiwa dengan alasan berusaha untuk minum 10 obat untuk terapi kankernya. Satu bulan yang lalu klien sudah mengatakan keinginannya untuk mati pada anak-anaknya. Keluarga mengatakan Tn. H seperti ini sejak terdiagnosa kanker prostat 3 bulan yang lalu dan melakukan kemoterapi
dan 6 bulan yang lalu baru saja ditinggal mati istrinya. Klien sering melamun, tiba-tiba menangis, dan banyak mengomel.
Apakah intervensi keperawatan yang perlu dilakukan perawat menurut diagnosa keperawatan prioritas pada Tn. H?

a. Jauhkan klien dari benda berbahaya atau obat-obatan yang berbahaya
b. Mengajarkan tarik nafas dalam
c. Mengajarkan klien minum obat
d. Menganjurkan klien banyak istigfar dan sholat
e. Meminta klien untuk berlatih pukul bantal kasur

Jawaban a. Jauhkan klien dari benda berbahaya atau obat-obatan yang berbahaya



7. Tuan K berusia 37 tahun, di rawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri pada luka yg tersiram air panas. Dari tanda-tanda vital klien, di dapatkan data bahwa TD 90/60 mmhg, nadi 96x/ mnt, frekuensi respirasi 22 x/ mnt, suhu 36,0°c, kulit paha dextra dan sinestra mengelupas, hal itu mnyebabkan pembuluh darah dan tulang terlihat. Apakah masalah utama pada kasus tersebut?

A. Nyeri akut
B. Hipotermi
C.perubahan perfusi jaringan
D. Gangguan rasa nyaman
E. Kerusakan integritas kulit.

Jawaban : E. Kerusakan integritas kulit
Pembahasan: soal di atas menunjukan diagnosis keperawatan pada gangguan integritas kulit karena data yg muncul , yaitu kulit paha dextra dan sinestra mengelupas serta pembuluh darah dN tulang terlihat.

Sumber  : KBS UKOM Keperawatan D3 & Ners Indoensia 2018

Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.


0 komentar