Kumpulan Soal UKOM D3 & Ners Perawat Terbaru ke 115

4/19/2018 05:12:00 PM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 115 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Asosiasi Institute Pendidikan Ners Indonesia, AIPNI, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap, UKOM D3, UKOM Ners, UKOM Keperawatan, uji kompetensi D3, uji kompetensi Ners, contoh soal UKOM, contoh soal UKOM Keperawatan, contoh soal UKOM Perawat, contoh Soal UKOM terbaru, contoh soal UKOM pdf doc, contoh soal uji kompetensi keperawatan lengkap dengan kunci jawaban, google, google.com, UKOM, tes, soal tes, kisi-kisi soal ukom, kisi ukom, uji kom, materi ukom, materi ukom perawat, materi ners, kesehatan, keperawatan, test, PPNI, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, lambang obat, obat, hijau
green sign

Uji Kompetensi Keperawatan


Dibawah ini soal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat beserta kunci jawabannya


1. An.V berusia 7 tahun bersama ibunya datang ke rumah sakit dengan keluhan demam hingga 380C, batuk terus menerus dengan sekret yang susah keluar, pusing, lemah disertai nyeri disekitar persendian dan berat badan yang semakin lama semakin menurun. Ketika dilakukan pemeriksaan diperoleh TD 110/70 mmHg, RR 25x/mnt sedangkan hasil
laboratorium menunjukkan Hb 11 gr/dl, leukosit 4000/mm3 , trombosit 200.000/L
Masalah keperawatan utama yang terjadi pada An.V adalah ?

a. Hipertermi
b. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
c. Bersihan jalan nafas tidak efektif
d. Nyeri akut
e. Resiko infeksi

Jawaban c. Bersihan jalan nafas tidak efektif



2. Perawat sedang melakukan monitor adanya vulval hematoma pada klien postpartum yang
menerima anestesi epidural untuk persalinanya. Hasil pengkajian seperti apa yang paling tepat
mengindikasikan adanya hematoma ?

A. Perubahan tanda-tanda vital
B. Tanda-tanda memar hebat
C. Keluhan nyeru yang intens
D. Keluhan sensasi perih
E. Keluhan mati rasa

Jawaban : A
Rasional: Karena klien mendapatkan anestesi epidural dan sedang dalam anestesi, dia tidak merasakan nyeri, tekanan, ataupun perih. Perubahan pada tanda-tanda vital mengindikasikan hipovolemia pada klien postpartum dalam anestesi yang mengalami vulvar hematoma. Pilihan ke 2 ( memar hebat ) dapat terlihat, namun perubahan tanda vital mengindikasikan hematoma yang diakibatkan bendungan perdarahan pada jaringan perineal.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci "paling tepat". Juga ingat bahaa klien mendapatkan anestesi epidural. Dengan ini dalam benak Anda, mengeliminasi pilihan C dan D dapat untuk pilihan yang tersisa, gunakan ABC - airway, breathing, and circulation untuk mengarahkan pada jawaban yang benar.
Daftar Pustaka: Lowdermilk et al (2012), pp.825,829.



3. Seorang klien dengan kehilangan darah berat akibat cedera multipel membutuhkan tranfusi cepat eberapa unit darah. Perangkat apa yang diminta oleh perawat kepada anggota tim kesehatan lainnya yang akn digunakan selama prosedur tranfusi untuk menurunkan resiko ditritmia jantung?

A. Infusion pump
B. Pulse oximeter
C. Monitor jantung
D. Alat penghangat darah
E. Defibrilator

Jawaban : D
Rasional: Jika ada beberapa unit darah akan diberikan maka penghangat darah harus digunakan. Tranfusi cepat darah dengan temperaatur yang masih dingin meningkatkan resiko klien mengalami distritmia jantung. Untuk mencegah hal ini perawat, perawat menghangatkan darah dengan alat penghangat darah. Pulse oxi oximetry dan peralatan untuk memonitor jantung bermanfaat untk pengkajian awal kemungkinan komplikasi, tetapi tidak mengurangi kejadian distritmia jantung. Alat infus elektronik juga tidak bermanfaat dalam kasus ini karena infus yang diberikan harus cepat, dan alat infus tersebut umumnya digunkan untuk mengontrol laju aliran infus. Sebagai tambahan, tidak semua alat infus bisa digunakan untuk darah dan produk darah. 
Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata cepat dan mengurangi resiko. Kata-kata ini menunjukan anda bahwa infus diberikan cepat dan jawaban yang benar adalah yang akan meminimalkan resiko ditritmia jantung. Pertama, sishkan pulse oximetry dan monitor jantung karena alat ini seprti atau biasa digunakan untuk mengkaji daripada mengurangi resiko komplikasi. Dar sisa pilihan yang ada , gunakan pengetahuan untuk menghubungkan komplikasi prosedur tranfusi dan catat hubungan antara kata beberapa unit darah di pertanyaan dan alat penghangat di pilihan jawaban.



4. Seorang anak umur 3 tahun, BB 15 kg. Maka kebutuhan cairan anak adalah ... ?

a. 1004 cc
b. 1040 cc
c. 1080 cc
d. 1250 cc
e. 1400 cc

Jawaban d. 1250 cc



5. An.L umur 5 tahun, BB 15 kg, datang ke RS dengan diare dan muntah. Hasil pengkajian didapatkan turgor turun, mata TD 80/60 mmHg, Nadi 100x/mnt, suhu 38,3oC. Hasil anamnesa, ibu mengatakan anaknya diare 6x, muntah 4x. Saat ini An. L direncanakan
dipasang infus. Jumlah kehilangan cairan An.L adalah ..... ?

a. 1500 cc
b. 1000 cc
c. 1200 cc
d. 1675 cc
e. 1550 cc

Jawaban d. 1675 cc



6. Suatu hari seorang ibu datang membawa anaknya yang berumur 3 bulan dengan kondisi ubun-ubun cekung, turgor rendah. Tiga hari sebelumnya setiap diberi ASI selalu muntah dan diare. Tindakan apa yang harus segera dilakukan kepada anak tersebut ?

a. Memberi garam oralit
b. Memberikan antibiotika peroral
c. Mengganti cairan yang hilang
d. Mengganti susu ASI dengan susu rendah laktosa
e. Menghentikan pemberian ASI

Jawaban c. Mengganti cairan yang hilang 



Sumber : KBS UKOM Keperawatan D3 & Ners Indonesia 2018

Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar