Soal Uji KOmpetensi Keperawatan Indonesia Terbaru ke 107

3/24/2018 02:43:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 107 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Asosiasi Institute Pendidikan Ners Indonesia, AIPNI, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap, UKOM D3, UKOM Ners, UKOM Keperawatan, uji kompetensi D3, uji kompetensi Ners, contoh soal UKOM, contoh soal UKOM Keperawatan, contoh soal UKOM Perawat, contoh Soal UKOM terbaru, contoh soal UKOM pdf doc, contoh soal uji kompetensi keperawatan lengkap dengan kunci jawaban, google, google.com, UKOM, tes, soal tes, kisi-kisi soal ukom, kisi ukom, uji kom, materi ukom, materi ukom perawat, materi ners, kesehatan, keperawatan, test, PPNI, Persatuan Perawat Nasional Indonesia
keperawatan

Uji Kompetensi Keperawatan Nasional Indonesia (UKKNI)


Dibawah ini terdapat 7 buah contoh soal uji kompetensi keperawatan beserta kunci jawabannya


1. Perawat sedang merawat klien remaja yang sakit terminal. Saat merawat klien ini, perawat
seharusnya melaksanakan intervensi yang mana?

A. Patuhi keinginan klien setiap saat
B. Dorong klien untuk tergantung pada staf RS
C. Tolak untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan RS
D. Dorng klien untuk mempertahankan kontrol diri yang maksimal
E. Patuhi semua keinginan keluarga setiap saat

Jawaban : D
Rasional: Intervensi yang tepat saat merawat remaja yang menderita penyakit terminal meliputi menghindari aliansi baik dengan orang tua atau anak, penataan rumah sakit yang mendorong kemandirian dan konrol diri klien yang maksimal, dan menjawab pertanyaan remaja tersebut dengan jujur. Mematuhi keinginan klien setiap saat tidak terapeutik.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan subjek, perawatan remajayang menderita penyakit terminal. Abaikan pilih B. Ingat bahwa remaja harus di dorong untuk mempertahankan kemandirian dan kontrol dirinya secara maksimal. Sisihkan pilihan C, karena ada kata tolak, pertanyaan remaja harus dijawab dengan jujur. Abaikan juga pilihan E karena konteksnya bukan remaja.
Review: Prinsip perawatan menjelang kematian bagi remaja yang menderita penyakit terminal
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Keluarga
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Komunikasi
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar pustaka: Hockenberry, Wilson (2013), p. 559



2. Perawat memantau tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial lada bayi usia 3 bulan. Pada  palpasi fontanel diketahui fontanel anteriornya lembut dan datar. Berdasarkan temuan tersebut,  manakah tindakan perawat yang paling tepat ?

A. Tingkatkan asupan cairan per oral
B. Dokumentasikan temuan
C. Bertahu dokter yang bertanggung jawab
D. Tinggikan kepala 90 derajat
E. Cek tanda-tanda vital.

Jawaban : B
Rasional: Fontanel anterior berbentuk seperti mata dan berada di puncak kepala. Fontanel harus  lembutdan datar pada bayi yang normal, dan ormalnya akan tertutup pada usia 12-18 bulan.  Perawat harus mendikumentasikan temuan karena ini normal. Tidak ada alasan untuk  meningkatkan asupan cairan per oral, menghubungi doter yang bertanggung jawab, atau  meninggikan kepala 90o . Tanda-tanda vital harus dilakukan pengecekan seacara rutin.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda “paling tepat” dan kata lembut dan datar. 
Ini akan memberikan petunjuk bahwa temuan ini normal. Fontanel yang mengeras dan tegang 
bisa terjadi akibat bayi menangis atau mengalami penigkatan tekanan intrakaranial.
Review: Pengkajian Fontanel
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Keluarga
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Muskuluskeletal
Daftar pustaka: McKinney Et al (2013), p. 1418



3.
Seorang laki-laki berusia 35 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan mudah lelah saat beraktivitas. Hasil pengkajian di dapatkan pasien mengatakan sering terbangun karena sesak, aktivitas sedikit meningkat menyebabkan sesak, iktus cordis bergeser kesebelah kiri, edema pada ekstermitas bawah, pasien sering bertanya tentang penyakitnya, tampak gelisah, Td 110/70 mmhg, frekuensi nadi  105x/ mnt, frekuenai nafas 28 x / mnt , suhu 36,5°c. Gambaran aksis jantung left aksis deviation ( LAD ).
Apakah masalah keperawatan yang tepat ?

A. Kecemasam
B. Intoleransi aktifitas
C. Penurunan curah jantung
D. Gangguan perfusi jaringan
E. Potensial kurang pengetahuan

Jawaban C. Penurunan curah jantung



4. Seorang perempuan berusia 34 tahun  post partum hari pertama, dirawat ruang nifas. Mengeluh nyeri pada area perinium skala 5 dari rentang skala nyeri 1-10. Hasil pengkajian di dapatkan luka episiotomi. Manakah posis yang tepat kasus tersebut ?

A. Dorsal recumbent
B. Semi fowler
C. Lithotomi
D. Fowler
E. SIM

Jawaban E. SIM



5.
Seorang wanita berusia 54 tahun memgalami sesak nafas dan nyeri dada, di bawa ke UGD pernafasan 24x/ mnt, nadi 100x/mnt. Saturasi oksigen pada oksimetri menunjukan angka 90mmhg. Manakah pemberian oksigen yang tepat?

A. Masker sederhana
B. Kanule hidung
C. Masker rhebrithing
D. Masker ventury
E. CPAP

B. Kanule hidung



6. Seorang perawat jarinya tertusuk jarum bekas pakai setelah pengbilan sampel darah. Manakah hal pertama yang harus di lakukan perawat  tersebut ?

A. Meminta resep obat ARV  pada dokter
B. Melakukan pemeriksaan darah HIV-AIDS
C.melaporkan kejadian ini pada Tim kesehatan kerja
D. Mencoba mengeluarkan darah  dan desinfeksi bekas tusukan.
E. langsung memberikan alkolol ke jari yang tertusuk

Jawaban D. Mencoba mengeluarkan darah  dan desinfeksi bekas tusukan.



7.
AN. M. Berusia 6 tahun dilarikan ibunya ke rumah sakit karena demam selama 3 hari berturut-turut. Hasil pengkajian menunjukan. An. M demam 40°C. Perdarahan gusi. Dan ada patekie, trombosit 9000/l. Diagnosa An M adalah DBD. Derajat berapakah DBD An. M?

A. I
B. II
C.III
D. IV
E.V

Jawaban E.V


Sumber : KBS UKOM Keperawatan D3 & S1 Ners Indonesia

Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar