Contoh Soal Uji Kompetensi (D3 & ners) Indonesia Part 99

3/15/2018 09:25:00 PM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 99 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Asosiasi Institute Pendidikan Ners Indonesia, AIPNI, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap, UKOM D3, UKOM Ners, UKOM Keperawatan, uji kompetensi D3, uji kompetensi Ners, contoh soal UKOM, contoh soal UKOM Keperawatan, contoh soal UKOM Perawat, contoh Soal UKOM terbaru, contoh soal UKOM pdf doc, contoh soal uji kompetensi keperawatan lengkap dengan kunci jawaban, google, google.com, UKOM, tes, soal tes, kisi-kisi soal ukom, kisi ukom, uji kom, materi ukom, materi ukom perawat, materi ners, kesehatan, keperawatan, test

Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan D3 & Ners Indonesia


Dibawah Ini Terdapat 5 Buah Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan Beserta Kunci Jawabannya 


1. Perawat sedang mempersiapkan untuk memberi penjelasan pada klien pada klien yg akan menjalani operasi katarak dan pemasangan lensa intraokuler implan. Manakah tindakan perawatan di rumah yg harus Anda masukan dalam rencana?

A. Untuk melakukan aktivitas gerakan yg membungkukan badan.
B. Untuk menghubungi dokter bedah jika terjadi goresan pada mata.
C. Untuk menempatkan penutup mata pada mata yang dioperasi saat tidur.
D. Episode nyeri berat pada mata  diharapkan tetap berlangsung.
E. Untuk memghubungi dokter bedah jika terjadi peningkatan ketajaman penglihatan

Jawaban: C
Strategi Mengerjakan Soal:
Setelah operasi mata, perasaan tergores dan tidak nyaman pada mata akan terjadi pada mata yg dioperasi dan biasanya berkurang dengan pemberian analgesik. Jika nyeri pada mata semakin parah, klien harus menghubungi dokter bedah bahwa hal ini mengindikasikan perdarahan, infeksi atau penurunan tekanan intraokuler. Perawat juga meminta klien untuk melaporkan adanya drainase yg kental (nanah) kemerahàn, atau penurunan ketajaman penglihatan. Klien diminta untuk memasang pelindung mata pada mata yg dioperasi saat ia tidur untuk melindungi mata terhadap injury selama ia tidur dan untuk mencegah aktivitas yang meningkatkan tekanan intraokuler (ITO) saat ia membungkuk.

Strategi mengerjakan soal:
Catat subjek pada pertanyaan, operasi ekstraksi katarak. Ingat kembali bahwa mata perlu dilindungi dan bahwa perhatian terhadap adanya peningkatan TIO akan membantu menentukan perencanaan home care(perawatan di rumah).




2. Seorang perawat sedang mengumpulkan data klien dan istri klien mengatakan bahwa klien mengkonsumsi obat donepezil hydrochloride (Aricept).
Apakah nama penyakit yang seharusnya menjadi pertimbangan perawat berdasarkan penggunaan obat tersebut?

A. Demensia
B. Skizofrenia
C. Kejang
D. gangguan obsesif kompulsif
E. Alzeimer

Jawaban : A
Rasional: Donepezil hydrochloride adalah agen kolinergik yang digunakan pada pengobatan demensia ringan sampai sedang dari tipe alzeimer. Obat itu menambah fungsi kolinergik dengan meningkatkan jumlah asetikolin. Hal itu memperlambat perkembangan terhadap penyakit alzeimer. Obat ini digunakan untuk mengatasi gangguan pada pilihan B, C, dan D.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek yaitu indikasi donepezil hydrochloride. Ingatlah bahwa obat ini digunakan untuk mengatasi demensia ringan sampai sedang.
Review: Donepezil
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: Jiwa
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Kesehatan mental
Daftar pustaka: Hodgson, Kizior (2015), p. 387-388



3. Seorang laki laki usia 60 tahun datang ke igd dengan luka bakar 20% BB 50kg, dalam 8 jam pertama sudah mendapatkan 2000 cc
Berapa tetes infus untuk 16 jam jam selanjutnya?

A. 24 tetes/menit
B. 34 tetes
C. 42 tetes
D. 52 tetes
E.63 tetes
C . 42 tetes/menit

Rasional/
Rumus baxter
4x20%x50
80x50
4000cc
8 jam pertama=4000/2=2000cc
16 jam selanjutnya sisa 2000cc
Rumus simple tetesan infus=
2000/500(1 flash)x 7 untuk faktor tetes 20 x 24 (waktu dalam 1 hari/16
4x7x1.5
42 tetes/menit

Kesimpulanya untuk angka 7
7 = faktor tetes 20
5= faktor tetes 15



4. Anak A datang ke UGD dengan keluhan muntah dan demam, Suhu tubuh 38'C. Dokter menginstruksikan kepada perawat untuk menginjeksikan obat cefotaxim 250mg intravena. Perawat mengoplos cefotaxim 1g menggunakan watersteril 8ml.
Berapa ml yg di ambil dari vial untuk di injeksikan ke anak A?

A. 1ml
B. 2ml
C. 1.5ml
D. 2.5ml
E. 3ml

Cefotaxim 1g = 1000mg
Rumus :
Dosis yg diberikan : sediaan obat x pengencer =
250 : 1000 x 8 = 2ml
Jadi perawat mengambil 2ml dari vial yg mengandung cefotaxim 250mg.
Bisa jg dengan mencari dahulu berapa dosis(mg) per ml. 1000mg (cefotaxim) : 8ml (pengencer)= 125mg jd setiap ml mengandung 125mg cefotaxim. Jika permintaan dokter 250mg, maka 250mg : 125mg = 2ml.



5. Klien dalam tahap penyembuhan dari cedera kepala baru sadar dan berespon erhadap tindakan keperawatan. Perawat menilai bahwa klien dapat memahami tanda dan gejala mencegah peningkatan TIK jika dalam observasi klien dapat melakukan aktivitas mana?

A. Napas dalam dengan hidung
B. Latihan isometrik
C. Batuk dengan kuat
D. Bernapas selama peribahan posisi
E. Latihan berjalan

Jawaban : D
Rasional: Kegiatan-kegiatan dpat meningkatkan tekanan intraabdomen dan intatoraks secara tidak langsung akan meningkatkan TIK. Beberapa aktivitas di antaranya adalah latihan, isometrik, mengejan, batuk, bersin, dan membuang napas dari hidung. Menghenbuskan napas saat merubah posisi akan membuka glotis yang akan mencegah peningkatan tekanan intratoraks.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, aktivitas yang akan meningkatkan tekanan intrakranial. Pikirkan kembali tiap pilihan jawaban dalam kaitannya dengan tekanan pada tubuh yang akan membantu anda mengabaikan tiap jawaban salah.
Review: Peningkatan TIK
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Prosedur
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan:Evaluasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Cairan dan elektrolit
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar pustaka: Dewit, Kumagai (2013), p. 508-509



Sumber : KBS UKOM Keperawatan D3 & Ners Indonesia 2018


Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.
 

0 komentar