Latihan soal-soal UKOM tahun 2018

12/27/2017 04:35:00 AM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 37 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya

uji kompetensi perawat, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap
uji kompetensi perawat

Kumpulan soal ukom perawat D3 dan Ners


Terdapat 5 buah soal beserta kunci dan pembahasannya


1. Perawat yang merawat klien lanjut usia di fasilitas perawatan jangka panjang. Apakah tindakan yang membantu mendorong otonomi klien ?
A. Perencanaan makanan
B. Dekorasi ruangan
C. Penjadwalan potongan rambut
D. Memungkinkan klien untuk memilih kegiatan sosial
E. Perencanaan obat

JAWABAN D
Rasional: otonomi adalah kebebasan pribadi untuk menentukan kehidupan dirinya sendiri asalkan tidak melanggar hak2 oranglain. Individu yg mempunyai otonomi mampu berpikir rasional. Individu ini dapat mengidentifikasi masalah, mencari alternatif, dan memiloh solusi yang memungkinkan kebebasan pribadi terus berlanjut selama orang lain beserta hak2 dan properti mereka tidak dirugikan. Hilangnya otonomi, dan kebebasan, adalah ketakutan yg nyata dari klien lansia. Pilihan yg benar adalah satu2nya yg memungkinkan klien untuk membuat keputusan.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, mendorong otonomi. Ingat kembali definisi otonomi akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar. Ingat bahwa memberikan pilihan klien pilihan adalah penting untuk mendorong kebebasan.
SUMBER :
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier).


2. Seorang perawat baru saja membantu klien untuk kembali ke tempat tidur setelah terjatuh. Perawat dan pemberi layanan kesehatan telah memastikan bahwa klien tidak mengalami cedera. Setelah melengkapi laporan kejadian, tindakan apa yang selanjutnya perlu dilakukan oleh perawat ?
A. Memeriksa ulang klien
B. Melakukan pertemuan dengan staf perawat untuk mendiskusikan kejadian klien terjatuh
C. Mencatat pada diari perawat dan memastikan bahwa pelaporan kejadian telah lengkap.
D. Hubungi supervisor keperawatan untuk memperbaharui informasi tentang kejadian jatuh
E. Melapor kepada komite keperawatan untuk dilakukan audit lebih lanjut

Jawaban : A
Rasional:
Setelah klien terjatuh, perawat harus mengkaji ulang secara teratur karena kemungkinan komplikasi tidak selalu muncul segera setelah kejadian. Kejadian klien terjatuh seharusnya diperlakukan sebagai informasi rahasia dan hanya disebarluaskan dalam konteks keharusan untuk tahu saja. Komunikasi terkait kejadian sepatutnya hanya melibatkan orang-orang berpartisipasi dalam perawatn klien saja. Pelaporan kejadian dianggap sebagai upaya penyelesaian masalah, namun penulisannya tidak dilakukan di bagian catatan keperawatan. Jika perawat manajer  telah diberitahu tentang kejadian tersebut, ia akan menghubungi perawat yang bersangkutan jika membutuhkan informasi terkini.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada data dalam pertanyaan dan kemudian pada kata kunci dalam pertanyaan. Dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan, anda akan diarahkan pada pilihan jawaban yang benar. Ingatlah bahwa pengkajian adalah langkah pertama dalam proses keperawatan.
Daftar Pustaka: Potter et al (2013), p. 358-371


3. Seorang perawat tiba di tempat kerja dan diminta menjadi tenaga tambahan di Intensive Care Unit (ICU) pada hari itu karena ICU sedang mengalami kekurangan tenaga perawat untuk merawat klien-kliennya. Kenyataannya perawat dimaksud tidak pernah bertugas di ICU. Langkah apakah yang pertama kali sebaiknya perawat tersebut lakukan ?
A. Menghubungi layanan bantuan hukum di rumah sakit tersebut
B. Menolak membantu di ICU
C. Menghubungi menajer keperawatan
D. Mengindetifikasi tugas-tugas yang dapat ia lakukan secara aman di ICU
E. Membuat surat pernyataan keberatan kepada menajer keperawatan

Jawaban : D
Rasional:
Permintaan bantuan adalah legal praktik yang dapat diterima yang dilakukan oleh RS yang mengalami kekurangan tenaga. Secara aspek hukum, perawat tidak dibolehkan menolak permintaan bantuan tersebut kecuali pada kontrak kerjanya telah disebutkan bahwa perawat hanya dapat bekerja di area tertentu saja atau perawat yang bersangkutan terbukti tidak memiliki pemahaman yang cukup untuk memenuhi tugas tersebut. Ketika dihadapkan pada situasi ini, seorang perawat harus menentukan prioritas dan mengidentifikasi area potensial yang dapat membahayakan kliennya. Manajer keperawatan harus mengetahuai jika tenaga bantuan dimaksud tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Menghubungi layanan bantuan hukum dan  membuat surat pernyataan keberatan kepada manajer keperawatan dapat dianggap sebagai tindakan yang prematur/ tidak berdasar.
Strategi Mengerjakan Soal: Tandai kata kunci dalam pernyataannya pertama kali. Hilangkan pilihan B dan E, karena ada kata-kata penolakan. Kemudian hilangkan pilihan A dan C karena termasuk ke dalam tindakan yang prematur.
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier).

4. Perawat ditugaskan untuk merawat empat klien. Dalam merencakan ronde keperawatan, apakah yang harus dikaji perawat pertama kali ?
A. Seorang klien dijadwalkan untuk foto dada
B. Seorang klien membutuhkan perawatan luka sehari-hari
C. Seorang klien pasca operasi mempersiapkan rencana pemulangan klien
D. Seorang klien mendapatkan oksigen nasal yang kesulitan bernapas selama shift sebelumnya
E. Seorang klien berusia lanjut yang sering memerlukan ambulasi

Jawaban : D
Rasional: Jalan napas selalu menjadi prioritas utama, dan perawat akan melakukan asuhan untuk klien yang pertama kali mengalami masalah jalan napas. Dijelaskan dalam pilihan A, B, C dan e klien memiliki kebutuhan dengan prioritas menengah.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis pertama kali. Gunakan teori Hierarki kebutuhan Maslow dan ABC untuk menjawab pertanyaan. Ingat bahwa saluran napas selalu prioritas utama. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)


5. Perawat mengimplementasikan rencana pengajaran kepada klien hamil yang baru saja didiagnosis dengan diabetes mellitus gestasional. Apakah pernyataan yang dibuat oleh klien yang menunjukkan kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut ?
A. "Saya seharunya tetap pada diet diabetes"
B. "Saya seharusnya melakukan pemantuan glukosa di rumah"
C. "Saya seharunya menghindari latihab karena berefek ngatif pada produksi insulin"
D. "Saya seharusnya menyadari beberapa infeksi dan melaporkan tanda-tanda infeksi dengan segera ke penyedia layanan kesehatan saya"
E. "Saya seharusnya memantau berar badan selama hamil"

Jawaban : C
Rasional:
Latihan adalah aman untuk klien dengan kehamilan diabetes mellitus dan membantu dalam menurunkan kada glukosa darah. Modifikasi diet adalah pengobatan utama, dan klien diberikan standar diet diabetikum. Banyak klien diajarkan untuk melakukan pemantauan glukosa darah. Klien harus memantau berat badanya selama hamil. Jika klien tidak melakukan pemantauan glukosa darah di rumah, pemeriksaan tersebut dapat dilakukan diklinik atau kantor layanan kesehatan. Tanda-tanda infeksi harus dilaporkan kepada penyedia layanan kesehatan tersebut.
Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategi " kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut ". Kata-kata ini menunjukkan pernyataan negatif dan kebutuhan untuk memilih pernyataan klien yang salah. Memperhatikan kata strategis ini menghindari kata tertutup dalam pilihan benar akan membantu dalam menjawab pertanyaan.
Daftar pustaka : Lowdermilk et al (2012), p. 694
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)





Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar