Contoh soal UKOM D3 dan Ners 2018 ke 54

1/24/2018 05:39:00 PM

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 54 eserta kunci jawabannya serta pembahasannya


 Contoh Soal UKOM Keperawatan D3 serta Ners

kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap
soal ukom perawat

Materi soal-soal ukom perawat


1. Seorang manajer keperawatan bertemu dengan staf keperawatn dan mengumumkan bahwa  manajemen telah mengeluarkan peraturan dan prosedur baru yang sangat berbeda dengan  peraturan lama. Pernyataan mana dari manjer keperawatan yang menunjukkan penggunaan  kekuasaan legitimasi dari manajer?
A. Sistem pelayan kesehatan memberikan pelayanan pada populasi yang selalu penuh tantangan.  Perubahan yang terjadi akn meningkatkan keselamatan klein dan mengurangi kesalahan.”
B. :”Jika anda tidak mengikuti prosedur, saya tidak mempunyai pilihan selain memberi anda  surat peringatan tentang penampilan kerja anda yang buruk yang akan menyebabkan dan diberhentikan dari pekerjaan anda.”
C. “Setiap manajer mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa peraturan dan  prosedur baru ini selalu ditaati 100%. Saya ingin anda semua bergabungdengan saya dalam 
usaha organisasi untuk meningkatkan kualitas perawatan”
D. “Anda semua hanya harus percaya saya dalam hal ini. Saya adalah anggota komite yang 
menulis peraturan dan prosedur, serta ada alasan yang sangat baik mengapa tindakan 
keperawatan spesifik harus dilaksanakan dengan cara yang baru ini.”
E. “Ini sudah keptusan pimpinan maka harus anda laksanakan”

Jawaban : C
Rasional: Pilihan jawaban C
menunjukkan kekuasaan legitimasi. Kekuasaan legitimasi  berdasarkan posisi klien dalamorganisasi atau masyarakat. Pemimpin organisasi telah  memandatkan outcome penampilan dan manajemen mempunyai tanggung jawab bahwa mandat  telah dijalankan. Pilihan A menunjukkan kekuasaan secara informasional. Manajer  menggunakan data untuk membuat staf patuh terhadap mandat. Pilihan B dan E merefleksikan  contoh dari kekuasaan dari kekuasaan dengan pemaksaan. Kekuasaan dengan pemaksaan adalah  menggunkan pendekatan “lakukan ini atau lainnya.” Pilihan D merefleksikan kekuasaan berdasar  keahlian. Manajer meminta staf keperawatn patuh karena manjer telah mencurahkan  pengetahuan dan keterampilannya. Sebagai tambahan, kekuasaan yang bersifat pemaksaan,  informasional, keahlian dan legitimasi manajer mempunyai data, penghargaan, dan kekuasaan  personal. 

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, kukasaan legitimasi. Pilihan C merefleksikan  kekuasaan tipe tersebut. Ingat bahwa kewenangan yang didelegasikanpada manajemen diikuti dengan kekuasaan dan ingat bahwa manajerharus mengenal tipe kekuasaan yang ada untuk  manajer dan mengaplikasikannya secara efektif. Strategi untuk manajemen yang sukses adalah  aplikasi tipe kekuasaan yang efektif yang dapat menjawab tantangan pekerjaan.
Review: Tipe kekuasaan dan kewenangan
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Promotif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan Kesehatan
Daftar pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 146, 401-402


2. Seorang laki-laki usia 45 tahun baru saja tiba di IGD mengeluh nyeri dada sebelah kiri, sesak napas dan keringat dingin. Apakah tindakan prioritas keperawatan yang pertama kali harus dilakukan?
A. Pemeriksaan EKG
B. Auskultasi Jantung
C. Pemeriksaan TTV
D. Pengkajian Lengkap Riwayat Penyakit Pasien

Jawaban c pemeriksaan ttv
Karena diigd yg kita lakukan 1 TTV  utk mengetahui keadaan klien


3. Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun dibawa orang tuanya ke rumah sakit dan dirawat di Ruang Anak dengan keluhan sesak napas. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh data tampak pilek, nafsu makan menurun, batuk berdahak dengan sputum berwarna hijau, frekuensi napas 35 x/menit cepat dan dangkal, frekuensi nadi 80 x/menit, tekanan darah 100/70 mmHg, suhu 39oC.
Apa masalah keperawatan prioritaspada anak tersebut?
A. Ketidakefektifan bersihan jalan napas
B. Ketidakefektifan pola pernapasan
C. Risiko aspirasi
D. Gangguan pertukaran gas
E. Ketidakefektifan termoregulasi

Kunci jawabannya A
Kata kuncinya : batuk berdahak, pilek, sesak napas..
"Setiap orang mempunyai trik masing2 dalam memahami soal"


4. Seorang anak laki-laki berusia 4 bulan dibawa orang tuanya ke rumah sakit dan dirawat di Ruang Anak karena mengalami BAB mencret dan muntah terus menerus selama 3 hari. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh data anak tampak lemas dan rewel, terdapat kemerahan di sekitar anus, hasil auskultasi bunyi peristaltik usus 15x/menit, perkusi abdomen hipertimpani (kembung), BAB lebih dari 4x dengan konsistensi cair berampas, berat badan anak sebelum BAB mencret 5,3 Kg dan berat badan anak saat BAB mencret 4,9 Kg.
Apa masalah keperawatan utama yang dihadapi oleh anak tersebut?
A. Kekurangan kebutuhan nutrisi
B. Kelebihan kebutuhan nutrisi
C. Kerusakan integritas kulit
D. Kekurangan volume cairan dan elektrolit
E. Kelebihan volume cairan dan elektrolit

Kunci jawabannya D.
Kata kuncinya bab mencret lebih 4x, muntah, lemas


5. Seorang perempuan usia 39 tahun dirawat diruang bedah post op pembuatan kolostomi hari ke-4. Keluhan Utama pasien mengatakan gatal pada area sekitar stoma selama 2 hari. Hasil pemeriksaan fisik stoma tampak kemerahan, lecet. Kantong kolostomi pasien mudah lepas, dan ukuran stoma kurang lebih 45 mm.
Berapakah ukuran kantong kolostomi yang tepat yang harus dipersiapkan perawat ?
A. 1-2 mm dari ukuran stoma
B. 2-5 mm dari ukuran stoma
C. 1-5 mm dari ukuran stoma
D. 1-2 cm dari ukuran stoma
E. 2-5 cm dari ukuran stoma

Jawaban B. 2-5 mm dari ukuran stoma


6. Perawat telah ditunjuk untuk mengatur unit progresif paru-paru di sebuah RS kota besar. Gaya  kepemimpinan perawat tersebut adalah partisipatif, dengan keyakinan bahwa semua anggota  pelaksana ikut membantu pengambilan keputusan dan mencapai tujuan unit. Manakah gaya  kepemimpinan yang digunakan perawat?
A. Otokratik
B. Demokratik
C. Situasional
D. Laissez-free
E. Kombinasi otokratik dan demokratik

Jawaban : B
Rasional: Kepemimpinan demokratik didefinisikan sebagai partisipatif dengan fokus pada  keyakinan bahwa semua anggota organisasi terlibat dalam prose pengambilan keputusan.  Pemimpin dalam hal ini berperan sebagai narasumber atau fasilitator. Kepemimpinan otokratik  memdominasi kelompok dengan pertahankan kontrol yang kuat terhadap kelompok.  Kepemimpinan situasional berdasarkan kejadian tertentu setiap harinya. Pemimpin dengan  Laissez-free menggunakanj pendekatan pasif dengan menyerahkan pengambilan keputusan pada  kelompok.

Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan subjek gaya kepemimpinan partisipatif. Memfokuskan  bahwa kepemimpinan demokratik didefinisakn sebagai partisipatif, dengan keyakinan bahwa  semua anggota kelompok memilki peran dalam pengambilan keputusan akan menunjukkan anda  pilihan jawaban yang tepat.
Review: Jenis gaya kepemimpinan
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Promotif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 101



Semoga Artikel materi-materi kumpulan soal uji kompetensi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Jangan Lupa Download Versi Andorid agar lebih mudah dalam belajar soal UKOM ini dan Share Link Kita Ini agar dapat berguna bagi teman-teman lainnya untuk belajar Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar